Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerima kedatangan Duta Besar Amerika Serikat Sung Yong Kim dan berharap ada peningkatan kerja sama strategis antara Indonesia dan AS terutama di sektor investasi infrastruktur, energi dan konektivitas.

Sung Yong Kim sendiri baru saja menyerahkan Letters of Credentials kepada Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/10) sebagai tanda dimulainya penugasan dirinya di Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia menggantikan Dubes sebelumya Joseph R. Donovan Jr.

"Ada beberapa hal yang saya juga sampaikan terkait harapan peningkatan kerja sama strategis bilateral kedua negara. Terutama di sektor investasi infrastruktur, energi dan 'connectivity', mengingat perusahaan Amerika mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia sebelum Indonesia merdeka," kata Luhut dalam unggahan terbarunya di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Kamis.

Baca juga: Dubes baru AS serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi

Menurut Luhut, Indonesia dan Amerika juga merupakan sahabat lama yang saling membantu di kala suka dan duka. Karena itu, keduanya menjadi mitra strategis yang alami karena sama-sama negara demokrasi yang menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman.

"Saya kira akan banyak hal yang bisa dikerjakan bersama dengan Amerika Serikat ke depan. Terutama bagaimana Indonesia dan Amerika Serikat bisa saling bahu membahu menghadapi dampak pandemi COVID-19 di sektor kesehatan dan perekonomian," katanya.

Luhut mengaku berbincang dengan Dubes Sung Yong Kim soal banyak hal, termasuk perjalanan hidupnya yang merupakan warga negara AS keturunan Korea Selatan. Dubes Sung Yong Kim lahir di Seoul, Korea Selatan dan besar di Los Angeles, AS.

Baca juga: Wamenlu terangkan sejumlah isu dalam UU Ciptaker pada pelaku usaha AS

Sebelum bertugas di Indonesia, Dubes Sung Yong Kim sudah melanglang buana di berbagai posisi penting di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Dubes AS untuk Republik Filipina dari November 2016 hingga Oktober 2020.

Ia juga pernah memegang posisi sebagai Utusan Khusus Perundingan Enam Negara untuk urusan Korea Utara, dengan tingkatan setara duta besar. Ia pernah berdinas di Tokyo, Kuala Lumpur, dan Hong Kong. Sebelum bergabung dengan Dinas Luar Negeri, Dubes Sung Yong Kim bekerja sebagai seorang jaksa di Los Angeles, California.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020