Kemarin, penyediaan vaksin hingga pembayaran klaim penanganan COVID-19

Kemarin, penyediaan vaksin hingga pembayaran klaim penanganan COVID-19

Erick Thohir: Nanti ada vaksin COVID gratis, mulai awal 2021 (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah kemarin menjadi perhatian banyak pembaca mulai dari upaya pemerintah menyediakan vaksin COVID-19 melalui tiga jalur hingga pembayaran klaim Rp7,1 triliun kepada rumah sakit untuk penanganan COVID-19.

1. Pemerintah berupaya sediakan vaksin COVID-19 dari tiga jalur

Pemerintah berupaya menyediakan vaksin COVID-19 bagi seluruh penduduk dari tiga jalur, yakni pembelian dari China dan Inggris, jaminan pasokan vaksin dari organisasi internasional, dan produksi Vaksin Merah Putih di dalam negeri.

Menurut siaran pers Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat (16/10), Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sudah berupaya mendapatkan pasokan vaksin dari produsen farmasi Sinovac dan Sinopharm di China serta AstraZeneca di Inggris.

Baca juga: China janji prioritaskan vaksin corona untuk ASEAN

Baca juga: Pemerintah siapkan vaksin untuk tenaga medis hingga masyarakat miskin


2. Wapres sebut vaksin adalah ikhtiar cegah penyakit

Wapres RI Ma'ruf Amin mengatakan vaksinasi atau imunisasi merupakan salah satu ikhtiar mencegah terjadinya penyakit termasuk masa pandemi COVID-19.

"Itu bentuk ikhtiar mencegah terjadinya suatu penyakit, jadi imunisasi bagian dari pada berobat," kata Wapres saat berbincang secara virtual dengan juru bicara pemerintah Reisa Broto Asmoro, di Jakarta, Jumat (16/10).

3. Mengenal sumber karbohidrat selain beras

Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan sumber pangan lokal selain beras guna meningkatkan ketahanan pangan. Berikut sumber karbohidrat dari beberapa komoditas pangan lokal dengan nilai gizi setara nasi yang menjadi fokus pemerintah.

Baca juga: LIPI ciptakan pangan fungsional karbohidrat dari pisang-rebung bambu

Baca juga: Kurangi ketergantungan beras, KTNA maksimalkan potensi pangan lokal


4. Jurnalis yang ikuti UKW miliki kesadaran etika yang lebih baik

Direktur UKW PWI Pusat Prof Dr Rajab Ritonga berpandangan para jurnalis atau wartawan yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) dan dinyatakan telah kompeten, memiliki kesadaran etika dan keterampilan yang lebih baik dalam menjalankan tugas peliputan sehari-hari.

Baca juga: Prof Rajab: Jurnalis ikuti UKW miliki kesadaran etika lebih baik

"UKW juga mendorong peningkatan kapasitas dan kesadaran seorang wartawan dalam menjadi wartawan," kata Prof Rajab saat menjadi pemateri dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali di Denpasar, Kamis (15/10).

5. Kemenkes telah bayarkan klaim penanganan COVID-19 Rpp7,1 triliun

Kementerian Kesehatan telah membayarkan klaim kepada rumah sakit yang menangani COVID-19 sebesar Rp7,1 triliun dari total anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp21 triliun.

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir dalam konferensi pers yang digelar secara daring di Jakarta, Jumat (16/10), menerangkan klaim yang sudah disalurkan tersebut berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Kesehatan sebesar Rp6,2 triliun dan dari Dana Siap Pakai (DP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp950 miliar.

Baca juga: Kemenkes telah bayarkan klaim penanganan COVID-19 Rp7,1 triliun
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020