Cirebon (ANTARA) - Sepuluh dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, saat ini masuk zona hijau setelah selama empat pekan berturut-turut tidak terdapat lagi kasus terkonfirmasi positif COVID-19

"Sekarang yang masuk zona hijau ada 10 kecamatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni di Cirebon, Senin.

Dia mengatakan kecamatan di Kabupaten Cirebon sebanyak 40, dari jumlah tersebut ada 10 kecamatan yang masuk zona hijau atau tidak terdapat kasus positif COVID-19 selama empat pekan berturut-turut.

Sebelumnya memang hampir semua kecamatan di Kabupaten Cirebon terdapat kasus terkonfirmasi positif COVID-19, namun saat ini sudah dinyatakan sembuh dan tidak ada lagi kasus baru.

Baca juga: 134 warga Kabupaten Cirebon sembuh dari COVID-19

Baca juga: 26.011 warga Kabupaten Cirebon telah jalani tes usap COVID-19


Sedangkan untuk zona merah, kata Enny, tersebar di 19 kecamatan, zona kuning enam dan biru terdapat di lima kecamatan.

"Yang masuk zona hijau meningkat dan diharapkan terus bisa dipertahankan," ujarnya.

Dia mengatakan berdasarkan peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Cirebon, untuk wilayah yang masuk zona merah rata-rata berada di sebelah barat dan tengah.

Untuk data kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon per hari Senin (5/10) mencapai 884 orang dengan perincian 255 menjalani perawatan dan isolasi mandiri, 580 sembuh dan 49 meninggal dunia.

"Hari ini bertambah 15 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19," katanya.*

Baca juga: Tambah 30, kasus positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon masih tinggi

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Cirebon bertambah sepuluh

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020