DPR RI dan Kemensos serahkan bantuan untuk korban bencana alam

DPR RI dan Kemensos serahkan bantuan untuk korban bencana alam

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Diah Pitaloka, menyerahkan bantuan dari DPR RI dan Kemensos untuk warga korban banjir dan longsor di tiga kecamatan di selatan Cianjur. Bantuan senilai Rp117.719 juta tersebut diserahkan di Markas Koramil Agrabinta melalui Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdulrachim, Senin (5/10/2020). ANTARA/Ahmad Fikri/am.

Cianjur (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Diah Pitaloka, bersama Kementerian Sosial, memberikan bantuan langsung untuk korban banjir dan longsor yang terjadi di tiga kecamatan yang terdampak di selatan Cianjur, Cijati, Leles dan Agrabinta, senilai Rp117.719.200 yang penyerahan dilakukan di Markas Koramil Agrabinta, Senin.

"Bantuan yang diberikan dari DPR RI dan Kemensos dengan total Rp117.719.200 yang dibagi menjadi tujuh paket, makanan anak 100 paket, tenda gulung 100 lembar, kasur 50 buah, kidsware 30 paket, peralatan dapur keluarga 50 paket, selimut 100 lembar dan sandang," kata Diah usai menyerahkan bantuan.

Tidak hanya paket tersebut, wakil rakyat dan kementerian juga memberikan bantuan berupa beras, seprai, dan perlengkapan sekolah, dengan harapan bantuan tersebut dapat meringankan beban warga yang menjadi korban banjir dan longsor di tiga kecamatan.

Baca juga: BPBD terkendala minimnya alat berat buka akses jalan tertutup longsor

Pihaknya juga mengimbau semua kalangan di Jawa Barat terutama wakil rakyat untuk bergotong-royong meringankan beban warga yang terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Agrabinta, Leles dan Cijati yang sudah pasti membutuhkan bantuan karena barang berharga termasuk kebutuhan pokok yang mereka miliki hilang terbawa banjir.

"Kami berharap beban yang menimpa warga korban banjir dan longsor, menjadi ringan ketika semua pihak bahu-membahu menggalang dana atau bantuan lainnya, meskipun seluruh dunia termasuk Indonesia masih dalam masa pandemi," katanya.

Baca juga: BPBD Cianjur berkoordinasi buka akses jalan

Pada kesempatan tersebut, Diah mewakili Pemrov Jabar, juga menyerahkan bantuan uang tunai Rp68.187.500 untuk warga yang diserahkan secara simbolis pada Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdulrachim, dengan harapan dana tersebut dapat digunakan untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdulrachim, mengatakan atas nama pemerintah dan warga Cianjur, sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kementerian Sosial dan anggota DPR RI Diah Pitaloka untuk warga korban bencana alam di wilayah selatan Cianjur.

"Semoga bantuan yang diberikan DPR RI dan Kemensos dapat meringankan beban warga di tiga kecamatan yang mendapat musibah. Semoga bantuan untuk warga terus mengalir agar mereka dapat kembali bangkit dan menjalani hidup secara normal," katanya.

Baca juga: BPBD dirikan tenda darurat untuk 150 KK pengungsi
Baca juga: Ratusan rumah di Kabupaten Cianjur terendam banjir
Baca juga: BPBD Cianjur imbau warga tetap waspada banjir susulan
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020