Surutnya air Danau Sentani membuat benda-benda purbakala berupa tinggalan megalitik yang berada dalam air mulai muncul di permukaan air dan terlihat jelas
Jayapura (ANTARA) - Peneliti dari Balai Arkeologi Provinsi Papua Hari Suroto mengatakan benda-benda purbakala berupa tinggalan megalitik yang berada di dalam air Danau Sentani, seperti tinggalan menhir dan papan batu, masih terlihat jelas ketika air Danau Sentani surut.

"Surutnya air Danau Sentani membuat benda-benda purbakala berupa tinggalan megalitik yang berada dalam air mulai muncul di permukaan air dan terlihat jelas. Benda-benda megalitik ini sebelumnya sempat dikhawatirkan hilang atau tergeser posisinya akibat banjir bandang yang melanda Sentani pada Maret 2019," katanya di Jayapura, Sabtu.

Ia mengatakan pada musim kemarau permukaan air Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura itu surut karena  pasokan air dari sumber mata air Cyclops berkurang menjadikan volume air danau berkurang.

Karena surut, benda-benda purbakala berupa tinggalan megalitik yang berada di dalam air mulai muncul di permukaan air sehingga benda-benda megalitik muncul dan terlihat.

Biasanya, kata dia, saat kondisi permukaan air Danau Sentani sedang pasang, tinggalan-tinggalan megalitik itu hanya terlihat samar-samar berada dalam air. "Namun, kali ini berbeda, terlihat sangat jelas ketika air Danau Sentani surut," katanya.

Ia mengemukakan bahwa kondisi itu terlihat di Pulau Asei, pulau kecil di tengah Danau Sentani bagian timur. Tinggalan menhir yang sebelumnya berada di dalam air, sekarang tampak terlihat jelas, bahkan ukirannya nampak terlihat jelas sekali.

Selain itu, kata dia, juga papan batu di Tanjung Warakho, Kampung Doyo Lama, air danau surut, menjadikan papan batu ini tampak terlihat jelas di permukaan tanah tepi danau. Posisinya juga tepat berada di posisi semula, tidak bergeser.

Dia mengatakan, sejumlah menhir juga terlihat jelas di Perairan Pulau Mantai. Dua buah menhir berukuran besar yang dipercaya oleh masyarakat Sentani bagian barat sebagai laki-laki dan perempuan dewasa. Tidak jauh di sampingnya terdapat 10 batu menhir berukuran lebih kecil yang dipercaya sebagai anak-anaknya.

Ia menambahkan, menhir-menhir ini dikenal sebagai "Ainining Duka" atau batu beranak. Menhir atau masyarakat Kwadeware menyebutnya batu rezeki atau batu marew juga nampak terlihat jelas di pinggir Pulau Mantai, berjarak sekitar 10 meter sebelah selatan batu beranak.

Pada masa lalu tinggalan megalitik ini berkaitan dengan kepercayaan pada roh nenek moyang atau kekuatan supranatural, demikian Hari Suroto.


Baca juga: Penelitian arkeologi Danau Sentani raih predikat terbaik Kemendikbud

Baca juga: Bupati Jayapura apresiasi webinar danau Sentani dalam kajian Arkeologi

Baca juga: Balai Arkelogi Papua temukan peninggalan megalitik di Yomokho

Baca juga: Belum ada perhatian terhadap situs Megalitik Tutari Papua


 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020