Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang menyalurkan dana program kemitraan tahun 2020 sebesar Rp275 juta kepada lima pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Tanjungpinang.

General Manager Pelindo 1 Tanjungpinang, Yusrizal dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat menyampaikan dana kemitraan yang disalurkan itu berupa bantuan pinjaman modal kepada UMKM dengan bunga yang rendah yakni tiga persen per tahun.

"Dengan bantuan pinjaman modal yang diberikan kepada UMKM diharapkan dapat bisa menjadi stimulus untuk para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, terutama di masa pandemi Covid-19 agar bisa terus bertahan dalam menjalankan bisnisnya," ujarnya.

Ia memaparkan dana kemitraan untuk pelaku UMKM di wilayah Tanjungpinang ini disalurkan kepada, Riskhy Pramono untuk sektor usaha jasa laundry pakaian, Rikha Katrina sektor perdagangan, Agusman sektor usaha jasa penyewaan kendaraan.

Kemudian, Roselli Purba sektor penjualan pakaian dan sepatu, dan Detisa Ramadon untuk sektor jasa rumah sewa.

Agusman, salah satu mitra binaan yang menerima dana kemitraan Pelindo 1 mengatakan bahwa dana pinjaman itu akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

"Di tengah situasi Covid-19 ini, usaha yang saya lakukan juga terkena dampaknya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pelindo 1, saya menerima bantuan dana kemitraan yang bisa digunakan untuk bantuan modal usaha saya. Semoga Pelindo 1 semakin sukses ke depannya," ujar Agusman.

VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa dalam pelaksanaan program kemitraan ini, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana, namun juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan dalam menekuni bidang usahanya.

"Pelindo 1 juga sering mengajak mitra binaan untuk mengikuti pameran di berbagai wilayah di Indonesia untuk memperkenalkan hasil karya para mitra binaan dan memperluas pangsa pasar," katanya.

Harapannya, lanjut dia, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan dan akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar Pelindo 1.
Baca juga: Pelindo 1 Pekanbaru bukukan Rp77,029 miliar sampai Juli 2020
Baca juga: Pelindo 1 tanam 2020 bibit mangrove
Baca juga: Pelindo 1 optimistis kinerja TPK Pelabuhan Belawan tumbuh

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020