Bengkulu (ANTARA) - Tiga kuntum bunga langka yang dilindungi Rafflesia jenis kemumu mekar sempurna bersamaan di satu lokasi di sekitar kebun warga Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Dani Umbara mengatakan tiga rafflesia yang mekar serentak dalam satu lokasi tersebut baru pertama kali ditemukan.

"Biasanya satu dan paling banyak dua bunga rafflesia yang mekar di satu titik yang sama tapi kali ini tiga kuntum baru pertama kali kami temukan, jadi momen ini sangat langka," katanya saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Untuk menuju lokasi bunga langka tersebut, Dani mengatakan pengunjung harus melintasi medan yang cukup berat, tanah licin dengan berjalan kaki selama 45 menit.

Baca juga: Desa Tanjung Alam habitat bunga rafflesia

Baca juga: Bunga Rafflesia Arnoldii mekar di Rejang Lebong


Lokasi bunga mekar tersebut juga berada di jalur yang sama menuju kawasan wisata alam air terjun Curug 9.

Dani mengatakan kondisi bunga masih dapat dinikmati dalam kondisi segar dalam dua hari ke depan.

Saat ini menurutnya, keberadaan bunga langka di habitat aslinya itu dijaga oleh warga setempat.

"Penggemar wisata alam sangat tepat mendatangi lokasi ini karena bisa berkunjung sekaligus ke air terjun Curug 9," kata Dani.

Diketahui saat ini terdapat lima jenis Rafflesia sp yang teridentifikasi di hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia kemumu.

Dari kelima jenis Rafflesia tersebut, jenis arnoldii memiliki diameter terbesar bisa mencapai lebih 1 meter dan jenis Rafflesia kemumu termasuk jenis rafflesia berukuran atau berdiameter kecil berkisar 50 cm hingga 60 cm.*

Baca juga: Turis luar negeri terpikat Bunga Rafflesia yang mekar di pohon

Baca juga: Dua bunga Rafflesia mekar di kawasan hutan Danau Maninjau

Pewarta: Helti Marini S
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020