Jakarta (ANTARA) - Dunia mengenalnya sebagai Raja Pop, Michael Joseph Jackson adalah salah satu penyanyi, penulis lagu dan penari paling berbakat di dalam sejarah budaya pop. Hari ini adalah perayaan ulang tahun Michael yang lahir pada 29 Agustus 1958.

Penyanyi yang punya ciri khas gerakan moonwalk ini telah menghasilkan banyak lagu terkenal sepanjang empat dekade kariernya di dunia musik. Dikutip dari News18.com, berikut adalah beberapa lagu Michael Jackson yang paling terkenal.

1. Billie Jean
Singel ini bagian dari album "Thriller" yang sukses secara global. Di video klipnya, Michael Jackson menari lincah menggunakan jas hitam, kemeja pink dan dasi kupu-kupu merah dengan sepatu mentereng.

Dikutip dari kanal YouTube Michael Jackson, "Billie Jean" adalah film pendek pertama yang dibuat untuk album "Thriller". Disutradarai oleh Steve Barren, video ini mencetak sejarah karena jadi video seniman kulit hitam pertama yang sering diputar di MTV dan dinobatkan MTV sebagai salah satu 100 video klip terbaik sepanjang masa.
 



2. Thriller
Video klip "Thriller" terdiri dari film pendek berdurasi 14 menit. Video klip revolusioner itu memperlihatkan Michael Jackson dengan kostum merah ikoniknya, berubah menjadi zombie dengan tarian monster energik. Sutradara John Landis pada 2017 mengatakan "Thriller" dibuat semata karena Michael ingin menjadi monster. Ide tersebut berkembang menjadi video yang tak disangka sangat populer.


3. Smooth Criminal
Tarian miring antigravitasi Michael Jackson bisa dilihat di video klip "Smooth Criminal". Michael berpakaian serba putih di video klip yang disutradarai Colin Chilvers.


4. Beat It
Video klip "Beat It" membantu mendorong Michael Jackson sebagai ikon pop internasional. Banyak penari dengan koreografi kompak tampil di video klip ini, salah satu ciri khas yang dibawa Jackson di video klip lain. Jaket merah khas Michael Jackson bisa dilihat di video klip ini.


5. Black or White
Keberagaman budaya ada di video klip "Black or White". Ini adalah film pendek pertama dari sembilan film pendek "Dangerous" tahun 1991. Video klip untuk lagu yang menyerukan persatuan ini diwarnai kehadiran banyak pesohor seperti Macaulay Culkin hingga Tyra Banks.


Baca juga: Musikal "MJ" di Broadway ditunda hingga 2021

Baca juga: Rahasia Freddie Mercury dan Michael Jackson tak pernah duet bareng

Baca juga: Taylor Swift pecahkan rekor Michael Jackson dalam AMA 2019

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020