Medan (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis menyebutkan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Senin (10/8) sekira pukul 10.16 WIB kembali erupsi  dan menyemburkan abu vulkanik mencapai ketinggian ribuan meter.

"Erupsi tersebut mencapai ketinggian kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak (kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut)," kata Riadil, di Medan, Senin, berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi dan PVMBG.

Ia menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Baca juga: Gunung Sinabung kembali meletus, tinggi kolom abu 5.000 meter

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," ujarnya.

Riadil juga mengingatkan, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada bahaya lahar.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/8) pukul 01.58 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak (lebih kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut).

Baca juga: BPBD Karo: TNI-Polri lakukan patroli di Gunung Sinabung

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur.  Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter.Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang 4 dan Kecamatan Merdeka.

Baca juga: BPBD minta warga secepatnya tinggalkan zona merah Gunung Sinabung
Baca juga: Pemkab Karo bagikan 1.500 masker untuk masyarakat cegah abu Sinabung
Baca juga: Debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung terus dibersihkan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020