Harapannya adalah mahasiswa dapat meningkatkan kualitas belajarnya dan lebih fokus dalam mencapai prestasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun empat rumah susun sewa (rusunawa) bagi mahasiswa empat perguruan tinggi di Provinsi Jawa Tengah.

"Ada empat rusun yang dibangun di tahun ini yakni Rusunawa Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), Rusunawa Mahasiwa Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rusunawa Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Rusunawa Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW)," kata Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah, Wahyu Adi Satriawan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Wahyu menerangkan rusunawa yang dibangun memiliki ketinggian tiga lantai dan tipe hunian kamar 24 dengan total unit kamar 43 dan dua di antaranya untuk penyandang disabilitas.

Ia meminta pihak kontraktor pelaksana untuk menjaga kualitas dan mutu pekerjaan pembangunan rusunawa.

"Rusunawa mahasiswa yang dibangun oleh Kementerian PUPR ini memang didesain untuk mendukung sarana hunian demi meningkatkan kualitas mahasiswa di kampusnya. Harapannya adalah mahasiswa dapat meningkatkan kualitas belajarnya dan lebih fokus dalam mencapai prestasi," ujarnya.

Selain itu, Wahyu juga berpesan agar para pekerja tetap menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 harus terus dilakukan.

"Jika pekerja sakit maka pekerjaan akan tersendat dan berdampak pada jangka waktu selesainya pembangunan yang sudah ditentukan," ujarnya.

Sebagai informasi, Rusunawa Mahasiswa UPGRIS direncanakan selesai Oktober 2020, dengan progres saat ini mencapai angka 21,96 persen dengan nilai anggaran Rp12,3 Milyar. Rusunawa ini diharapkan mampu selesai tepat waktu pada akhir tahun ini.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2020 terdapat pembangunan delapan rusunawa di Jawa Tengah, yaitu empat rusunawa mahasiswa, dua rusunawa pondok pesantren dan dua rusunawa Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Rusunawa pondok pesantren berada di Pondok Pesantren Baitul Izza Kabupaten Wonogiri dan Pondok Pesantren Darussaaddah Kabupaten Kebumen. Sedangkan rusunawa MBR terdapat di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Baca juga: Rusunawa Tegalrejo Yogyakarta untuk MBR ditargetkan dihuni tahun ini
Baca juga: Kementerian PUPR bangun rusunawa Ponpes Walisongo di Poso
Baca juga: Kementerian PUPR bangun rusunawa dan embung di Universitas Lampung

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020