SR (34) laki-laki warga India, dia teknisi. Kondisinya sakit, ada demam dan batuk, sebelum positif dia PDP
Siak, Riau (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyatakan pekerja PT Indah Kiat Pulp and Paper, Perawang, Kabupaten Siak asal India terkonfirmasi positif COVID-19, setelah sebelumnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru.

"SR (34) laki-laki warga India, dia teknisi. Kondisinya sakit, ada demam dan batuk, sebelum positif dia PDP," kata Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono di Siak, Jumat.

Ia menjelaskan warga India itu positif bersama satu lainnya, yakni MR (18) laki-laki warga Indonesia yang tinggal di Komplek Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Mess Bujang.

Diperkirakan dia sudah beraktivitas lalu pulang ke negaranya untuk cuti dan kembali lagi ke Perawang, Siak.

Dengan demikian, kata Budhi Yuwono, saat ini sudah ada sebanyak 16 orang positif COVID-19 di Perawang, Kecamatan Tualang.

Sebelumnya ada 14 yang berasal dari Sumatera Selatan, tapi dari PT Truba Jaga Eka, perusahaan subkontraktor PT IKPP.

"Ada 16 orang di Tualang, ini kondisi yang terbanyak, dan semuanya masuk ke Kabupaten Siak. Kita minta perusahaan yang mendatangkan orang luar ke Kabupaten Siak sementara waktu ditunda," katanya.

Sebelumnya, untuk yang dari Sumatera Selatan, ada 16 orang yang datang dengan 14 positif COVID-19, dan dua negatif. Empat orang yang positif kabur lalu terdeteksi dan kini dirawat di Sumatera Selatan, sedangkan dua yang negatif menjalani karantina di Perawang.

Tambahan dua ini, sejatinya sudah diumumkan Gugus Tugas Provinsi Riau pada Rabu lalu (22/07). Namun dari Kabupaten Siak menyatakan belum mendapatkan datanya dan hari Jumat ini baru didapatkan.

"Kemarin kami belum mendapatkan datanya, hari ini kami sudah dapat. Itu karena tes usapnya diperiksa di Jakarta, lalu diinfokan ke Gugus Tugas Riau, sementara kami biasa mendapatkannya dari laboratorium PCR Riau," katanya.

Dengan tambahan ini maka total keseluruhan kasus positif COVID-19 di Siak berjumlah 42 orang, 38 masih dirawat dan empat yang sudah sembuh, demikian Budhi Yuwono.

Baca juga: Satu warga India positif COVID-19 dirawat di Riau

Baca juga: Tiga ASN positif COVID-19, Kantor Disdikbud Siak ditutup sepekan

Baca juga: Satu santri positif COVID-19 Siak dinyatakan sembuh

Baca juga: Nanas dinilai bisa tangkal Corona, petani nanas Siak dulang pesanan

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020