Tren perjalanan saat ini pun menunjukkan minat bepergian yang meningkat
Jakarta (ANTARA) - Maskapai berbiaya hemat AirAsia Indonesia mencatatkan peningkatan pemesanan tiket hingga lebih dari 400 persen dan total penjualan kursi lebih dari 19.000 kursi dalam kurun waktu satu bulan pengoperasian kembali penerbangan berjadwal.

“Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya upaya pemerintah dalam mengedukasi mengenai prosedur bepergian di masa adaptasi kebiasaan baru yang direspons baik oleh masyarakat. Kami telah mengantisipasinya dengan menambah frekuensi penerbangan secara bertahap pada sejumlah rute yang dilayani dan memperluas jangkauan destinasi kami. Kini kami telah hadir di enam destinasi domestik, yaitu Jakarta, Medan, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Lombok, serta Kuala Lumpur dan Penang untuk destinasi internasional,” kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Tren permintaan pun menunjukkan kenaikan bertahap yang signifikan dilihat dari peningkatan aktivitas pencarian tiket di situs AirAsia sebesar 80 persen sejak awal pengoperasian kembali Jakarta-Bali dan Surabaya-Kuala Lumpur merupakan rute domestik dan internasional yang paling diminati saat ini.

“Tren perjalanan saat ini pun menunjukkan minat bepergian yang meningkat tidak hanya untuk perjalanan penting jangka waktu segera, tetapi juga untuk beberapa bulan ke depan. Hal ini selaras dengan rencana pemulihan ekonomi oleh beberapa pemerintah daerah untuk membuka kembali sejumlah objek wisata dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” kata Veranita.

Melengkapi tren tersebut, ia mengatakan pihaknya menawarkan fleksibilitas ubah tanggal penerbangan tidak terbatas sehingga penumpang dapat mengganti jadwal penerbangan sepuasnya tanpa dikenakan biaya perubahan dan kemudahan menerima akun kredit dalam sehari.

AirAsia juga akan segera meluncurkan beragam produk dan promo menarik lainnya guna menunjang kenyamanan perjalanan dan keselamatan seluruh tamu AirAsia di situasi saat ini.

Pelanggan dapat menemukan seluruh rute dan jadwal penerbangan yang tersedia dengan harga lebih terjangkau melalui situs airasia.com atau aplikasi seluler AirAsia. Harga yang ditampilkan termasuk bagasi cuma-cuma untuk penerbangan domestik hingga 15 kilogram.

Sejak berhibernasi hingga saat ini, AirAsia Indonesia juga telah melayani 15 penerbangan sewa (charter) yang berhasil membantu misi repatriasi, mobilisasi tenaga kerja, dan pengiriman logistik dan bantuan ke sejumlah kota di Indonesia dan negara. Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Indonesia dan sejumlah Kedutaan Besar negara terkait.

“AirAsia menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah, otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),” kata Veranita.

Seluruh armada AirAsia telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters) yang dapat menyaring 99.9 persen partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri.

Pesawat yang digunakan langsung didesinfeksi segera setelah selesai penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia. Disertai dengan protokol keamanan yang ketat di sepanjang perjalanan, risiko transmisi di dalam pesawat dapat diminimalkan.

Baca juga: AirAsia Indonesia kembali operasikan penerbangan domestik hari ini
Baca juga: AP I operasikan penerbangan internasional Bandara YIA-Kuala Lumpur
Baca juga: Normal baru, penumpang AirAsia hanya boleh bawa satu tas ke kabin

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020