5.948 peserta ikuti UTBK SBMPTN tahap dua di Unsri

5.948 peserta ikuti UTBK SBMPTN tahap dua di Unsri

Panitia UTBK-SBMPTN di SMKN 2 Palembang mengukur suhu tubuh peserta di pintu sekat sebelum masuk ruang ujian, Minggu (5/7). (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 5.948 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk tahap kedua 20-22 Juli 2020 yang terpusat di Universitas Sriwijaya (Unsri) Kota Palembang.

Humas Panitia UTBK-SBMPTN Unsri, Zulkifili Dahlan di Palembang, Selasa, mengatakan ribuan peserta tersebut mengikuti ujian di delapan lokasi yakni Fakultas Kedokteran Unsri, SMAN 1 dan 10 Palembang, SMKN 2, 3, 5, 6 Palembang, serta FKIP Unsri Kampus Palembang.

"Lokasinya memang berkurang, tahap pertama ada 13 lokasi," ujarnya.

Baca juga: Panitia hentikan UTBK di UIN Raden Fatah Palembang karena COVID-19

UTBK tahap dua juga diikuti 1.680 peserta yang gagal melaksanakan UTBK pada tahap pertama (5-14 Juli) karena lokasi tes di UIN Raden Fatah Palembang ditutup terkait pencegahan COVID-19, sehingga mereka direlokasi ke tahap dua.

Para peserta tersebut direlokasi ke tiga lokasi tes yakni SMKN 3 Palembang, FKIP Unsri kampus Palembang, dan SMA Negeri 1 Palembang.

Menurut dia, pada UTBK tahap pertama pelaksanaan tes berlangsung lancar dengan tingkat kehadiran peserta mencapai 96 persen, serta tidak ditemukan peserta yang memiliki gejala COVID-19 setelah diperiksa secara ketat.

Baca juga: Unsri hanya terima 1.523 mahasiswa baru dari pendaftar 22.229 orang

Sama seperti tahap pertama, kata dia, tahap kedua peserta juga wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan harus bebas COVID-19 yang ditunjukkan lewat suhu tubuh tidak melebihi 37,5 derajat Celcius sebelum melaksanakan tes.

"Dapat juga ditunjukkan dengan hasil tes cepat non-reaktif atau hasil swab negatif, jika tidak memenuhi tiga poin itu maka dilarang ikut tes," tambahnya.

Sementara hasil SBMPTN sendiri akan diumumkan serentak pada 20 Agustus 2020.

Baca juga: 12.338 peserta ikuti UTBK tahap kedua di Unair

Baca juga: Pusat UTBK IPB University layani 3.803 peserta pada tes gelombang dua


 
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020