Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya dengan mengasah keterampilan saat di rumah saja.

Selama pandemi, setidaknya ada lima keterampilan yang banyak diminati oleh masyarakat di antaranya memasak, berkebun, belajar bahasa asing hingga editing atau mengedit foto dan video, menurut keterangan resmi Tokopedia pada Jumat. Berikut ini adalah ulasannya"

1. Memasak
Selain dapat memastikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, memasak juga memiliki peluang bisnis. Data internal Tokopedia (Mei 2020) mengungkapkan bahwa kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu dari empat kategori paling populer selama pandemi.

2. Berkebun
Urban farming merupakan suatu metode pertanian kota dengan konsep berkebun di lahan yang terbatas. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan, bermanfaat untuk menambah estetika sekaligus menyegarkan pikiran, terutama selama masa pandemi.

Menurut data Tokopedia (Mei 2020), berkebun menjadi kegiatan yang digemari belakangan ini. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga.

3. Do It Yourself (DIY)
Selain memasak dan berkebun, membuat kerajinan tangan di rumah saat pandemi bisa menjadi aktivitas alternatif dalam mengasah kreativitas. Beberapa kreasi DIY yang patut dicoba seperti dekorasi, papercraft hingga melukis.

4. Bahasa Asing
Era digital memungkinkan masyarakat dapat mempelajari bahasa asing tanpa harus ke luar rumah, mulai dari menonton film asing dengan menggunakan subtitle atau mengambil kursus online.

"Masyarakat bisa memanfaatkan layanan Tokopedia Belajar untuk mendapatkan akses lebih luas dan terjangkau terhadap sejumlah kurasi pendidikan serta pelatihan vokasi, termasuk kursus online bahasa asing," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

5. Editing atau desain
Keterampilan lain yang dapat ditingkatkan selama pandemi yaitu editing foto, video, audio dan sebagainya. Skill editing maupun desain dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan vlog, podcast dan berbagai konten di media sosial. Skill ini bahkan dapat dipelajari gratis secara online.


Baca juga: Mengapa ingin banyak "ngemil" selama WFH?

Baca juga: Suhu AC yang pas supaya produktif saat WFH

Baca juga: Sisi positif status jomblo saat wabah corona


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020