FRI diharapkan hasilkan kajian akademis untuk kepentingan negara

FRI diharapkan hasilkan kajian akademis untuk kepentingan negara

Rektor Universitas Tomakaka Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Sahril SPd.I MPd (ANTARA/HO/Istimewa)

Mamuju (ANTARA) - Forum Rektor Indonesia (FRI) tidak hanya menghasilkan pemikiran sebatas dunia pendidikan, tetapi juga dituntut melahirkan ide-ide cemerlang berdasarkan pada kajian akademis untuk kepentingan negara, kata Rektor Universitas Tomakaka Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Sahril.

"Forum rektor itu adalah sebuah forum, dimana bukan hanya kepentingan kampus tetapi juga untuk kepentingan negara dalam rangka melahirkan ide-de cemerlang berdasarkan pada kajian akademis," kata Sahril di Mamuju, Rabu.

Dunia akademis terutama perguruan tinggi swasta berharap pada Forum Rektor Indonesia untuk dapat mengakomodir kepentingan pendidikan bagi semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Ia juga berharap melalui wadah pimpinan perguruan tinggi tersebut dapat mengikis kesenjangan antara universitas kecil dan besar.

Baca juga: UGM kerahkan ratusan peneliti berinovasi dukung penanganan COVID-19

Baca juga: Pengamat: FRI harus dorong peran perguruan tinggi terkait COVID-19


"Kami dari perguruan tinggi swasta, tentu berharap banyak agar ke depannya, forum rektor lebih aktif dalam rangka menghadirkan pemikiran-pemikiran, termasuk juga memikirkan kemajuan perguruan tinggi," ucapnya.

"Tentu, dengan kebersamaan, semakin banyak informasi yang kita peroleh dalam rangka saling membantu, saling memberi informasi dan juga bahkan saling bekerja sama untuk mengembangkan institusi masing-masing," ujar Sahril.

Ia menilai, melalui forum rektor tersebut akan terjalin sinergi antar perguruan tinggi untuk saling mendukung dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Indonesia, juga melahirkan ide-ide cemerlang bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Menurut hemat kami, forum rektor ini memiliki tujuan yang mulia dalam mengembangkan dunia pendidikan dan demi kemajuan bangsa dan negara. Tentu, kami juga berharap melalui forum rektor ini, ada perhatian dan dukungan dari pemerintah terhadap kemajuan perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta," kata sahril.
 
Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Dr Akhsan Djalaluddin (ANTARA/HO/Istimewa)


Sementara itu, Rektor Universitas Sulawesi Barat Dr Akhsan Djalaluddin, juga mengharapkan melalui forum rektor tersebut dapat terjalin komunikasi yang baik antar perguruan tinggi dalam rangka kemajuan pendidikan di tanah air.

"Kalau dioptimalkan dengan seringnya berbagi ilmu pengetahuan antara perguruan tinggi besar dan kecil maupun antara swasta dan negeri, akan sangat membantu anggotanya untuk saling mendukung sehingga dapat memajukan pendidikan di Indonesia," kata Akhsan Djalaluddin.*

Baca juga: Rektor IPB pimpin Forum Rektor 2020

Baca juga: Empat pesan Presiden untuk Forum Rektor Indonesia
Pewarta : Amirullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020