Jakarta (ANTARA) - Inner City Management (ICM), perusahaan konsultan pengelolaan apartemen menyelenggarakan tes cepat bagi seluruh karyawannya untuk menghindari klaster baru pada hunian bertingkat di Jakarta.

"Semua karyawan yang berada di apartemen harus dipastikan bebas COVID-19 sehingga semua kita tes cepat," kata Direktur Operasional ICM, Krisdiarto Adipranoto dalam keterangan tertulis, Kamis.

Tes cepat diselenggarakan di Kantor Pusat ICM dilaksanakan Senin dan Selasa (29-30 Juni 2020) diikuti 189 karyawan mulai dari jajaran direksi, manajer, staf, resepsionis, sekuritidan petugas layanan kebersihan.

"Ke depannya, tes juga akan dilakukan ke masing-masing site untuk karyawan in-house maupun karyawan yang tinggal di zona merah," ujar Kris.

Saat ini ada sekitar 41 site apartemen di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang pengelolaannya dipercayakan kepada ICM.

“Pelaksanaan tes cepat bersifat wajib diikuti oleh seluruh karyawan, targetnya sekitar 1.200 orang. Kebijakan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mengantisipasi penyebaran wabah di lingkungan kerja,” ujar Kris.

Baca juga: 100 karyawan Ragunan jalani tes cepat deteksi COVID-19
Baca juga: Jubir: Jumlah tes COVID-19 DKI lebih tinggi dari Thailand dan Jepang


SOP Manager ICM Hidayat menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penghuni.

ICM juga menyediakan fasilitas tes cepat kepada penghuni apartemen serta berkoordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan sosialisasi kepada penghuni terkait pencegahan sampai dengan penanganan COVID-19.

Beberapa SOP yang harus dijalankan seperti memastikan pengukuran suhu badan baik pengunjung maupun penghuni yang akan masuk site dengan termometer infrared digital. Lalu, memastikan setiap orang yang berlalu lalang di kawasan site kelolaan ICM memakai masker.

Kemudian, cairan antiseptik disediakan di setiap sudut apartemen, pintu lift, toilet dan titik-titik krusial lainnya yang banyak disentuh oleh penghuni dan pengunjung.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020