Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasi PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk Ir Anton Satyo Hendriatmo mengatakan, pihaknya memproyeksikan konstruksi fase pertama Meisterstadt Batam atau Pollux Habibie di kawasan Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, dapat diselesaikan pada Juli 2020.

"Ini bukti bahwa kinerja dan kapabilitas PT PP selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah sebanding dengan kontraktor asing berskala dunia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, pihaknya berhasil menyelesaikan pembangunan empat menara (tower) apartemen pencakar langit dalam kurun
waktu 24 bulan.

"Ini kebanggaan bagi kami, dipercaya sebagai kontraktor utama proyek Meisterstadt Batam. Mimpi Bapak Presiden BJ Habibie yang ingin
memajukan Batam agar dapat bersaing dengan Singapura, menjadi dorongan tersendiri bagi kami," katanya.

Ia menyebut, mega superblok yang dibangun di lahan seluas 9 hektare ini mengadopsi konsep "integrated vertical city" dari Jerman. Selain
sangat memperhatikan faktor manusia sebagai pusat, juga mengaplikasikan teknologi tinggi yang ramah lingkungan.

Baca juga: Ilham Habibie segera lengkapi Meisterstadt Batam dengan rumah sakit
Baca juga: Pollux dan Keluarga Habibie rampungkan proyek apartemen di Batam


Mega superblok itu disebut-sebut menelan investasi hingga Rp15 triliun. "Selain 4 tower apartemen 55 lantai, pembangunan fase pertama dengan luas 300.000 meter persegi ini terdiri dari mal gaya hidup dengan H&M sebagai jangkar utamanya dan juga F&B shopping street," katanya.

Bidang usaha utama PT PP adalah pelaksana konstruksi bangunan gedung dan sipil. Sepanjang 2019, PT PP membukukan laba yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk Rp930,32 miliar.

"Almarhum Bapak BJ Habibie meyakini bahwa nantinya proyek mega superblok Meistertadt Batam ini akan menjadi katalis perubahan untuk
menjadikan Batam sebagai kota metropolitan. Pemandangan pulau-pulau cantik yang mengelilingi wilayah Pulau Batam juga akan menjadi salah satu daya tarik terkuatnya," katanya.

Presiden Komisaris PT PP Tbk, Andi Gani menyebutkan, Meisterstadt yang tingginya hampir dua kali lipat dari Marina Bay Sands Singapura ini akan menjadi ikon baru Indonesia.

"Pollux Habibie Financial Center&International Hotel yang memiliki tinggi hingga 350 meter ini akan menjadikan Meisterstadt sebagai ikon
baru kota Batam sekaligus Indonesia," kata Gani.
Baca juga: Pollux bangun delapan "pencakar langit" di Batam
Baca juga: Pollux Habibie International mulai pembangunan icon baru Batam

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020