Batam (ANTARA) - Dataran Engku Hamidah di Kota Batam Kepulauan Riau dirancang menyerupai kawasan Orchard Singapura, sebagai pusat perbelanjaan di Singapura.

"Kami membangun Dataran Engku Hamidah, yang diharapkan bisa seperti Orchard, untuk 'shopping' dan kuliner," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kamis.

Dataran Engku Hamidah merupakan taman kota yang berdiri di antara beberapa kompleks rumah toko.

Dalam rancangan, toko-toko di sekitarnya menyajikan berbagai barang merek ternama yang berkualitas serta kedai juadah yang menarik, layaknya yang disajikan di Orchard.

Baca juga: Batam bersiap sambut wisatawan "new normal"

Dataran Engku Hamidah merupakan salah satu destinasi yang dikembangkan pemerintah kota, di era kenormalan baru COVID-19.

Ardi menyatakan Dataran Engku Hamidah diresmikan akhir tahun 2019, namun penyempurnaannya dilakukan hingga memasuki masa pandemi COVID-19

Saat ini, hampir setiap akhir pekan, taman kota yang berlokasi di Jalan Raja Haji Ali Fisabilillah itu ramai dikunjungi warga.

Kala malam, lampu hias warna-warni memeriahkan Dataran Engku Hamidah, menjadi lokasi favorit warga.

"Karena memang 'landmark' Kota Batam. Tempat pelancong dan warga berfoto-foto," kata dia.

Baca juga: Batam berharap Menparekraf segera terapkan diskon untuk turis

Hiasan paling menonjol di kawasan itu adalah tulisan Dataran Engku Hamidah dalam ukuran besar, dengan warna-warni lampu di dalamnya. Di sekitarnya juga terdapat bangunan kerangka besi warna-warni berbentuk persegi yang disusun memanjang menyerupai terowongan.

Selain Dataran Engku Hamidah, di era kenormalan baru COVID-19, Pemkot Batam terus mengembangkan destinasi wisata religi Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

"Ini bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah, nonmuslim bisa masuk," kata Ardi.

Ia berharap pariwisata di Batam lekas pulih, agar dapat menggerakan perekonomian kota setempat.
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020