Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mempersiapkan implementasi teknologi pembayaran Nir Henti dengan terus melakukan uji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF).

"Jasa Marga juga telah mempersiapkan implementasi teknologi pembayaran Nir Henti dengan terus melakukan uji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server yang dikenal dengan nama FLO, baik di Pulau Jawa maupun di Pulau Bali," ujar Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Agus juga menambahkan bahwa untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, sepanjang tahun 2019 Jasa Marga meningkatkan pelayanan dengan memberlakukan perubahan sistem transaksi dan pengembangan teknologi operasi.

Baca juga: Jasa Marga bukukan laba bersih 2019 sebesar Rp2,21 triliun

Menjelang periode mudik Lebaran tahun 2019, Jasa Marga melakukan perubahan sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan merelokasi titik transaksi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dengan adanya perubahan sistem transaksi, serta pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way, Jasa Marga mencatat rekor tertinggi melayani lebih dari 166.000 kendaraan saat arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari lalu lintas harian normal," kata Agus.

Keseharian pelayanan operasional juga terus ditingkatkan dengan menerapkan teknologi dalam bidang pelayanan serta pengendalian lalu lintas.

Baca juga: Erick Thohir tunjuk Subakti Syukur sebagai Dirut Jasa Marga

Di antaranya dengan mengimplementasikan WIM (Weigh In Motion) dalam rangka pengendalian atas dimensi dan beban tonase muatan angkutan truk, Smart CCTV untuk memantau kecepatan kendaraan yang dilengkapi Automatic Number Plate Recognition System serta OAB (Oblique Approach Booth) atau dikenal dengan gardu miring, yang dapat direlokasi dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam.

Pencapaian Jasa Marga dalam 2019 ini selaras dengan komitmen Jasa Marga dalam melakukan percepatan pembangunan jalan tol untuk mendukung rencana Pemerintah agar mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antar wilayah. Bertolak dari visi tersebut, Jasa Marga juga tak henti melakukan berbagai inovasi, baik dalam bidang operasional, pengembangan usaha, maupun pendanaan, sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih optimal, khususnya pengguna jalan tol.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020