Mensos sebut persiapan mental penting masuki normal baru

Mensos sebut persiapan mental penting masuki normal baru

Menteri Sosial Juliari P Batubara sebagai pembicara kunci dalam webinar psikososial yang dipantau di Jakarta, Sabtu (6/6/2020) (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan persiapan mental sangat penting dalam memasuki kondisi normal baru dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Dari sisi psikososial, mental ini sangat penting. Dibutuhkan kedisiplinan dan kesiapan mental yang baik dalam menghadapi 'new normal'," kata Mensos dalam webinar psikososial yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Kondisi saat ini, menurut Mensos, pandemi masih terjadi dan memaksa semua untuk fokus serta memperhatikan kesehatan pribadi dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Mensos minta ASN Kemensos tetap produktif di fase normal baru

Pemerintah juga mewacanakan melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga masyarakat akan menjalani kehidupan beradaptasi dengan kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan.

"Memang protokol dan aturan-aturan yang kita jalankan nantinya lama-kelamaan akan jadi biasa," kata dia.

Pandemi COVID-19 mengubah berbagai tatanan kehidupan masyarakat dari berbagai sektor. Saat ini masyarakat terpaksa bekerja dari rumah, anak-anak sekolah diliburkan, banyak terjadi pengangguran karena COVID-19 juga berdampak sangat hebat pada sektor ekonomi.

Masyarakat juga tidak diperbolehkan berkumpul, harus menggunakan masker di luar rumah dan menjaga jarak serta rajin mencuci tangan dengan sabun juga menerapkan pola hidup sehat.

Lebih lanjut, politisi PDI-P tersebut mengatakan, berbagai kondisi tersebut tentunya tidak bisa dielakkan. Ada dampak positif dan negatif dari pandemi antara lain masyarakat menjadi anti sosial karena harus menjaga jarak juga dampak ekonomi yang dirasakan semua orang. Dampak positifnya saalah satunya adalah efisiensi anggaran terutama di pemerintahan dan kantor-kantor karena berbagai kegiatan dilakukan secara daring.

"Kita tidak ada pilihan, harus hidup dalam satu tatanan baru, fokus kesehatan, sisi negatifnya kita jadi makhluk tidak sosial lagi seperti dulu. Ini perlu persiapan mental yang tinggi," ujar Mensos Juliari.

Baca juga: Mensos pastikan rakyat rasakan manfaat PKH
Baca juga: Cegah Penyalahgunaan Bansos PKH, Mensos instruksikan KPM Pegang KKS Sendiri
Baca juga: PGRI: Keselamatan peserta didik harus prioritas utama di "normal baru"
Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020