Jakarta (ANTARA) -
Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) siap membagikan daging kurban ke berbagai pelosok Indonesia dan penjuru dunia seiring Idul Adha yang segera menjelang.
 
"Tidak hanya di Indonesia saja, Global Qurban-ACT juga akan menunaikan amanah kurban ke berbagai negara," kata Koordinator Global Qurban-ACT Sukorini dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Dia mengatakan Idul Adha 1441 Hijriyah akan jatuh pada 31 Juli 2020. Meski masih lama, masyarakat sudah bisa menunaikan kurbannya melalui Global Qurban.

Baca juga: ACT temui penerima manfaat lewat program "Ketok Pintu"
 
Ratusan ribu ekor setara kambing, kata dia, akan disediakan dan didistribusikan ke berbagai wilayah, khususnya yang menjadi episentrum sebaran COVID-19.
 
Untuk distribusi di Indonesia, lanjut dia, penyaluran akan dikonsentrasikan ke Pulau Jawa yang dampak ekonominya terlihat masif.
 
"Jabodetabek menjadi salah satu wilayah distribusi daging kurban dari Global Qurban karena secara medis, ekonomi serta jumlah pasien COVID-19 paling parah," katanya.
 
Nantinya, kata Sukorini, penerima manfaat merupakan golongan masyarakat prasejahtera, pekerja harian hingga pekerja yang dirumahkan dan di-PHK.
 
"Untuk memaksimalkan terpenuhinya kebutuhan pangan selama pandemi, Global Qurban-ACT menargetkan menyembelih 100 ribu ekor hewan kurban dan dibagi untuk jutaan penerima manfaat," kata dia.
 
Sukorini mengimbau masyarakat untuk sesegera mungkin menunaikan kurban melalui Global Qurban tanpa harus menunggu Juli nanti.
 
"Jika pun dibeli sekarang, pekurban tak perlu repot mengurusi hewan kurbannya. Global Qurban telah memiliki Lumbung Ternak Wakaf yang merawat hewan kurban dengan baik," kata dia.
 
Selain itu, lanjut dia, Global Qurban terus meningkatkan jejaring kemitraan yang artinya menambah lagi opsi kemudahan berkurban. Jejaring lokal bertambah, jejaring luar negeri diluaskan, saling berkolaborasi, menyukseskan perayaan akbar Idul Adha.
 
 
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020