12 sembuh, pasien COVID-19 Raja Ampat tersisa empat

12 sembuh, pasien COVID-19 Raja Ampat tersisa empat

Petugas kesehatan meninjau tempat karantina Pasien Orang Tanpa gejala (OTG) COVID-19, di Balai Diklat Kampung Salak, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (11/5/2020). Papua Barat memperpanjang masa tanggap darurat penanggulangan wabah COVID-19, setelah wilayah tersebut menunjukan penambahan signifikan pasien positif hingga hari ini, Senin (11/5/2020) mencapai 70 orang. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/hp.

Manokwari (ANTARA) -
Sebanyak 12 pasien positif COVID-19 di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, dinyatakan sembuh sehingga saat ini tersisa empat orang yang menjalani karantina dan perawatan, kata Juru Bicara Pemkab Raja Ampat pada gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, dr Rosenda.

Rosenda melalui siaran pers yang diterima ANTARA pada Selasa, menyebutkan belasan pasien sembuh tersebut telah dipulangkan pada Senin (25/5).

Ia menjelaskan, gugus tugas COVID-19 Raja Ampat telah melakukan tindak lanjut pemeriksaan swab kepada 16 pasien positif di daerah tersebut. Dari hasil pemeriksaan swab dua kali berturut-turut kepada 12 pasien menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: Raja Ampat tutup seluruh destinasi cegah penyebaran Corona

Baca juga: HPI Raja Ampat keluarkan edaran untuk pemandu terkait waspada COVID-19


"Sedangkan untuk empat pasien lainnya kami masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium," sebut Rosenda.

Ia merinci, 12 pasien COVID-19 yang berhasil sembuh itu masing-masing wanita 35 tahun, laki-laki 47 tahun, wanita 34 tahun, laki-laki 52 tahun, laki-laki 20 tahun, wanita 6 tahun, laki-laki 15 tahun, wanita 1 tahun, wanita 34 tahun, laki-laki 63 tahun, laki-laki 34 tahun. Pasien ini rata-rata berasal dari Waisai.

Pihaknya pun bersyukur, upaya penanganan pandemi di daerah itu menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Dari 12 orang itu ada satu anak usia 6 tahun, dan balita usia 1 tahun dan pihaknya sangat bersyukur dan berharap semua pasien bisa sembuh, katanya lagi.

"Hingga saat ini, belum ada kasus meninggal dunia akibat COVID-19 di Raja Ampat. Berdasarkan data sementara, jumlah pasien sembuh di daerah itu sudah lebih dari 70 persen dari total kasus positif sebanyak 16 orang," katanya.

Catatan ANTARA berdasarkan data gugus tugas provinsi dan kabupaten/kota, jumlah pasien sembuh di Papua Barat saat ini sudah sebanyak 34 orang. Di Teluk Bintuni 13 orang, Raja Ampat 12, Manokwari 6 orang, Kota Sorong satu, Sorong Selatan satu dan Manokwari Selatan satu.

Sedangkan data kasus meninggal dunia akibat COVID-19, hingga hari ini sudah ada dua orang. Kedua berasal dari Kota Sorong.

Baca juga: Tambah empat, pasien positif COVID-19 di Raja Ampat jadi 14 kasus
 
Pewarta : Toyiban
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020