Dengan protokol kesehatan, umat Muslim Belitung shalat Idul Fitri

Dengan protokol kesehatan, umat Muslim Belitung  shalat Idul Fitri

Para jamaah masjid di Kabupaten Belitung, Provinsi Babel, Ahad (24/5/2020z) melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah dengan protokol kesehatan COVID-19 dengan mencuci tangan sebelum masuk ke masjid. (FOTO ANTARA/Kasmono)

Belitung, Babel (ANTARA) - Umat Muslim di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menunaikan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriyah dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Alhamdulillah shalat id di Belitung menaati protokol kesehatan penanganan COVID-19 dan fatwa MUI juga dijalani," kata Sekretaris MUI Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung, Ahad.

Menurut dia, dapat dipastikan hampir seluruh masjid yang ada di Kabupaten Belitung menggelar ibadah Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Pelaksanaan tersebut mengacu kepada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 bahwa shalat id bisa dilaksanakan di suatu wilayah ketika wilayah tersebut zona hijau dan pengendalian COVID-19 cukup terkendali.

"Kebetulan Belitung kasus COVID-19 terkendali dan memungkinkan untuk dilaksanakan shalat id dan tetap mengacu kepada imbauan bupati yakni melaksanakan shalat id di masjid dan surau dan tidak diperkenankan di lapangan," katanya.

Ia menambahkan, jika shalat id dilaksanakan di lapangan terbuka maka sangat berisiko terjadinya kontak fisik sehingga dikhawatirkan akan berpotensi terjadinya penularan virus COVID-19.

"Makanya hanya dilaksanakan di masjid atau surau sesuai dengan kondisi terakhir kemarin ada imbauan dari bupati," katanya.

Namun MUI Belitung juga menyarankan selepas shalat id agar tidak saling bersalaman karena terjalinnya kontak fisik bisa digantikan dengan salam yang lain dengan penuh rasa "ukhuwah Islamiyah" atau persaudaraan sesama Muslim.

"Sajadah juga diharapkan membawa sendiri dari rumah dan apabila dalam kondisi sakit lebih baik melaksanakan shalat di rumah," demikian Ramansyah.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung bertambah satu orang

Baca juga: Patuhi protokol, warga Pangkalpinang shalat id berjamaah di masjid

Baca juga: Bangka Belitung lacak pendatang dengan aplikasi Fight COVID-19

Baca juga: Tangani COVID-19, Bangka Belitung realokasikan APBD Rp72,8 miliar
Pewarta : Kasmono
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020