Paket-paket Sedekah Ikan Ramadhan tersebut akan dibagikan hingga sebelum shalat Idul Fitri
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebarkan kegiatan Sedekah Ikan Ramadhan yaitu sebanyak 3.000 paket bantuan kepada masyarakat di Tanah Air yang terdampak pandemi COVID-19.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam rilis di Jakarta, Jumat, mengutarakan harapannya agar penyaluran Sedekah Ikan Ramadhan ini bisa membangun solidaritas dan kepedulian para pegawai di KKP.

"Semoga ini menjadi energi positif, baik untuk kita maupun untuk bangsa dan negara," kata Menteri Edhy.

Sementara itu Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina memaparkan dalam penyaluran Sedekah Ikan Ramadhan melibatkan berbagai unit kerja eselon I dan beberapa UPT KKP di daerah.

Baca juga: Menteri Edhy: KKP-Pemda tingkatkan sinergi serap ikan untuk bansos

Rina mengungkapkan bahwa dalam paket Sedekah Ikan Ramadhan tersebut berisi antara lain berupa bantuan 5 kg beras, ikan 3 kg, minyak goreng 1 liter dan 0,5 kg telur.

"Paket-paket Sedekah Ikan Ramadhan tersebut akan dibagikan hingga sebelum shalat Idul Fitri," ujar Rina.

Rina menambahkan,penyaluran paket sudah dimulai pada tanggal 17 Mei 2020 hingga malam takbiran, seperti unit kerja Inspektorat Jenderal KKP, telah menyalurkan 200 paket Sedekah Ikan Ramadhan untuk 4 lokasi, yakni Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Kemudian pada Kamis (21/5), telah disalurkan paket melalui UPT BKIPM di beberapa daerah, seperti di Mataram disalurkan untuk 66 nelayan dan masing-masing 68 paket di Ambon dan Kota Palu.

Selain itu Stasiun PSDKP Belawan juga telah melakukan penyaluran 220 paket di Kampung Nelayan Perlis, Kecamatan Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat.

"Kemudian juga ada penyaluran untuk korban gempa Lombok 2018 lalu. Penyaluran akan dimaksimalkan sampai sebelum hari raya," ucapnya.

Baca juga: Menteri Edhy ajak warga lakukan "Lebaran Ikan"

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020