Kencleng BaPer UMSU beri sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19

Kencleng BaPer UMSU beri sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19

HMJ Kessos FISIP UMSU memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dan masyarakat miskin melalui program "Celengan Bawa Perubahan" (Kencleng BaPer). (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (HMJ Kessos) FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dan masyarakat miskin melalui program "Celengan Bawa Perubahan" (Kencleng BaPer).

Kordinator Kencleng BaPer HMJ Kessos FISIP UMSU, Chairunnisa di Medan, Ahad, mengatakan program tersebut merupakan program yang kedua, di mana sebelumnya program itu sudah berjalan pada bulan Februari lalu.

"Alhamdulillah di Program Kencleng BaPer yang kedua ini kita mengumpulkan 22 paket sembako yang ditujukan kepada kelompok masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Medan," katanya.

Chairunnisa menjelaskan Program Kencleng BaPer ini merupakan program kerja yang dilakukan oleh HJM KS FISIP UMSU Priode Kepengurusan 2019-2020.

Baca juga: Haedar Nashir: Membantu dhuafa melawan COVID-19 "jihad fi sabilillah"

Baca juga: Bantuan APD disalurkan tim UMSU Peduli COVID-19 ke RS dan puskesmas


Pada program pertama, mereka berinisiatif mengumpulkan koin-koin pada satu celengan bersama dan pada program yang kedua ini polanya diubah dengan menyebarkan celengan ke kawan-kawan mahasiswa yang bersedia mengumpulkan uang koinnya untuk membantu sesama.

Pengumpulan koin ini dimulai dari awal Bulan Ramadhan hingga tanggal 15 Ramadhan.

Dengan mengubah pola pengumpulan celengan koin, mereka mendapatkan hasil yang lebih baik.

Melalui pengumpulan koin di Kecleng BaPer yang kedua ini terkumpul dana sebesar 1.932.000,- dan dikonversi menjadi 15 Paket sembako yang di dalamnya berisi 5 Kg Beras, 1 Liter Minyak Goreng, 1/4 Gula, 1 Dus Mie Instan dan 1 Papan Telur Ayam. HMJ Kessos juga mendapatkan sumbangan tambahan paket sebanyak 7 paket. Sehingga semuanya 22 Paket Sembako

Paket-paket sembako tersebut diberikan kepada masyarakat yang berada di daerah Medan Johor, Medan Polonia, Sukarame, Mandala, Gaperta dan Martubung dengan kriteria penerima yaitu; yatim piatu, fakir miskin, lansia, janda, serta korban PHK.

“Penyaluran paket-paket sembako sudah dilakukan pada hari Senin-Selasa (11-12 Mei 2020) kemarin. Semoga paket sembako yang kami berikan dapat bermanfaat bagi setiap keluarga yang menerimanya,” ujarnya.

Ketua HMJ Kessos FISIP UMSU, M. Aqil Akbari mengucapkan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa yang telah berpartisipasi aktif dalam menabung uang koin di Program Kecleng BaPer ini, khususnya juga kepada tim koordinator Program Kecleng BaPer, dari mulai proses awal pembagian celengan, pengumpulan uang, hingga pemberian paket sembako.

Ketua Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU, Mujahiddin S.Sos, MSP menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh mahasiswanya di Prodi KS FISIP UMSU.

Menurutnya, aktivitas positif yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut memang telah mendapatkan dukungan dari Program Studi dan berharap program itu bisa terus berlanjut ke generasi atau ke pengurus HMJ KS berikutnya.

"Karena melalui program ini kita bisa memberikan penyadaran bahwa hal yang kecil seperti uang koin, jika dikumpulkan atau disatukan akan dapat memberikan manfaat yang nyata. Jadi dengan program ini HMJ KS bisa memberikan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Miskin melalui Tabungan Koin yang mereka sebut sebagai Kecleng BaPer," katanya.*

Baca juga: UMSU dan UPM luncurkan buku medis pandemik Dunia Islam

Baca juga: UMSU canangkan "Global Network at Home" sikapi COVID-19
Pewarta : Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020