Padang, (ANTARA) - Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan sejumlah pejabat utama Polda Sumbar yakni Wakapolda, Karo Ops serta enam Kapolres dimutasi sesuai dengan Surat Telegram (ST) Kapolri masing-masing bernomor ST/1378/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, dan ST/1383/V/KEP/2020 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Ia di Padang, Jumat, mengatakan berdasarkan surat telegram tersebut Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto, M.Si ditunjuk menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri. Sementara Brigjen Pol Edi Mardianto yang sebelumnya menjabat sebagai Danpasgegana Korbrimob Polri akan menjadi Wakapolda Sumbar.

Sementara Wakapolda Sumbar

Baca juga: Pejabat Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya berganti
Baca juga: Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi ditunjuk sebagai Irjen Kemenkumham


Kemudian untuk Karo Ops Polda Sumbar akan dijabat oleh Kombes Pol Heny Sulistiya Arianta yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat. Sedangkan Karo Ops Polda Sumbar Kombes Pol Firly Ruspang Samosir akan menjabat sebagai Karo Ops Polda Jawa Tengah

Sementara itu enam Kapolres yang dimutasi adalah Kapolres Pariaman, Kapolres Padang Panjang, Kapolres Solok Selatan, Kapolres Padang Pariaman, Kapolres Sijunjung dan Kapolres Pasaman Barat.

Ia mengatakan Kapolres Pariaman akan dijabat oleh AKBP Deny Rendra Lasmana, sebelumnya menjabat Kabagpsi Rosdm Polda Sumbar.

Baca juga: Mutasi Polri, Boy Rafli Amar ditunjuk sebagai Kepala BNPT
Baca juga: Kapolri tunjuk Kadiv Humas Polri jadi Kapolda NTB


Sementara itu Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan akan menjabat sebagai Kapolres Sijunjung, dan Kapolres Sijunjung AKBP Driharto dimutasi sebagai Kasubbidsespimen Bidjemen Lemdiklat Polri.

Kemudian Kapolres Padang Pariaman dijabat oleh AKBP Dian Nugraha Hyang Batara yang sebelumnya menjabat Kasat PJR Ditlantas Polda Sumbar.

Sementara Kapolres Padang Pariaman AKBP Zamroni Wibowo di mutasi sebagai Pamen Polda Sumbar,

Kemudian Kapolres Pasaman Barat akan dijabat AKBP Sugeng Hariyadi sedangkan Kapolres Pasaman Barat AKBP Ferry Herlambang dimutasi sebagai Wadirnarkoba Polda Sumbar.

Baca juga: Ditunjuk jadi Kabaintelkam, Kapolda Jateng ziarah ke makam ibu Jokowi

Setelah itu Kapolres Padang Panjang akan dijabat oleh AKBP Apri Wibowo, sebelumnya menjabat Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sumbar.

Selanjutnya Kapolres Solok Selatan akan dijabat oleh AKBP Tedy Purnanto yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim.

Sementara itu, AKBP Imam Yulisdianto dimutasi sebagai Kasubbagsumda Setpusjarah Polri.

Terkait dengan serah terima jabatan, Satake mengatakan belum dapat memastikan pelaksanaannya.

Ia mengatakan mutasi atau pergantian jabatan di institusi Polri merupakan sebuah penghargaan pimpinan Polri kepada personel yang berprestasi dan berdedikasi dalam melaksanakan tugas.

"Ini juga merupakan bentuk pengembangan karir para personel Polri," kata dia.

Menurut dia personel Polri perlu penyegaran atau promosi jabatan sehingga karirnya dapat meningkat sesuai dengan kinerja.

"Ini juga pengembangan organisasi dan konsekuensi dari tuntutan reformasi menuju Polri yang mandiri dan professional,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020