Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh mempersiapkan 10 ribu paket sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat Tanah Rencong di Malaysia, yang terputus mata pencaharian akibat merebaknya pandemi COVID-19.

Juru bicara COVID-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, Rabu, mengatakan bantuan sembako tersebut senilai 50 ringgit Malaysia (RM) per paket, hal itu juga menyahuti seruan bersama masyarakat Aceh di negeri Jiran beberapa waktu lalu.

“Seruan tersebut antara lain meminta Pemerintah Aceh mengambil langkah tertentu agar kebutuhan darurat warga Aceh di Malaysia terpenuhi,” katanya di Banda Aceh.

Baca juga: Istana jelaskan soal pembagian sembako oleh Presiden Jokowi

Ia menjelaskan penyaluran bantuan tersebut kepada masyarakat Aceh di Malaysia melalui Kedutaan Basar Indonesia (Kedubes) di Malaysia.

Kata dia, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga telah melayangkan surat kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI.

Menurutnya, melalui surat bertanggal 27 April 2020 lalu tersebut, Nova meminta Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Menlu RI dapat menugaskan Kedubes Indonesia di Malaysia untuk membantu menyalurkan bantuan sembako itu kepada masyarakat Aceh.

“Kita selalu menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan jajarannya dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat Aceh di luar negeri,” ujarnya.

Baca juga: Staf Kepresiden apresiasi aksi bagi sembako "Spirit of Papua"
Baca juga: Pemerintah Kota Batu siapkan data pendukung pengajuan PSBB

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020