Aksi sosial ini terselenggara untuk membantu penambahan stok darah PMI yang saat ini menurun imbas pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Kalangan tenaga medis dan pegawai Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta menjalani kegiatan sosial donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat.

"Kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain," ujar Kepala Instalasi Humas dan PKRS RSKO Jakarta, Bagus Ario Wibowo, di Jakarta.

Aksi sosial ini terselenggara untuk membantu penambahan stok darah PMI yang saat ini menurun imbas pandemi COVID-19.

Baca juga: Mabes Polri gelar donor darah bantu pasokan darah PMI Jakarta

Baca juga: PMI Jaksel bagikan paket sembako untuk pendonor

Baca juga: Wali Kota Jaksel minta PMI fasilitasi warga yang ingin mendonor


Setelah adanya anjuran physical distancing, kata dia, stok darah di sejumlah daerah berada di ambang batas yang menimbulkan kekhawatiran kalangan tenaga medis maupun pasien seiring persediaan yang kian menipis.

Berdasarkan informasi stok darah UTD PMI DKI Jakarta per 13 April 2020, jumlah kantong darah Whole Blood, Trombocyte Concentrate (TC), dan Packed Red Cell untuk golongan darah A 114 kantong darah, golongan darah B 169 kantong darah, golongan darah AB 26 kantong darah, dan golongan darah O 108 kantong darah.

“Donor darah ini merupakan salah satu bentuk rasa peduli dan kebersamaan dari Pegawai RSKO Jakarta, di mana PMI mengalami penurunan cadangan stok darah," katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih enam puluh pendonor dari berbagai profesi tenaga medis, penunjang medis, administratif, keamanan, dan tenaga alih daya di lingkungan RSKO Jakarta.

Kegiatan itu dilaksanakan bertempat di lantai dua ruangan medical check up (MCU).

Turut hadir sebagai pendonor dalam acara donor darah adalah Direktur Utama RSKO Jakarta, Azhar Jaya.

"Dengan mengikuti donor darah ini selain dapat membantu kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi saya pribadi," katanya.

RSKO Jakarta berharap penyelenggaraan aksi donor darah ini dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan diri sendiri dan juga dapat membantu PMI dalam menyalurkan darah bagi para pasien yang memerlukan transfusi.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020