Pemprov Sulut-Polda-Kodam perkuat peran penanganan COVID-19

Pemprov Sulut-Polda-Kodam perkuat peran penanganan COVID-19

Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sulut, Jemmy Kumendong

Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama kepolisian daerah dan kodam setempat memperkuat peranan dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) di daerah itu.

"Penguatan peran ini adalah bagian dari menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Utara Nomor 126 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Sulut," kata
Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulut Jemmy Kumendong di Manado, Minggu.

Ia menyebut beberapa poin hasil pertemuan pemprov, polda, dan kodam setempat, antara lain penguatan sinergi terkait dengan sistem informasi terpadu antara gugus tugas provinsi yang melibatkan humas pemprov, humas kodam, humas polda, dan humas rumah sakit agar sistem informasi yang disampaikan selalu sinkron.

Selain itu, kesiapan sistem pengamanan TNI dan Polri di rumah sakit yang menangani pasien COVID-19, termasuk rumah singgah, pendampingan aparat TNI dan Polri melalui koordinasi dengan gugus tugas kabupaten/kota untuk menghindari kendala penjemputan pasien COVID-19, penguatan kerja sama dengan rumah sakit swasta dalam penanganan.

Selain itu, perlu prosedur standar operasional pemakaman pasien meninggal, termasuk penyediaan APD bagi petugas dengan melibatkan TNI dan Polri yang bertugas sampai desa, pemenuhan kebutuhan APD bagi aparat TNI dan Polri yang bertugas di lapangan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Hasil pembahasan tersebut juga menyangkut status di Sulut yang belum PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga tidak dibenarkan tindakan warga penutupan jalan utama dan menghentikan aktivitas ekonomi masyarakat.

Selain itu, perlunya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang cara menghadapi dan mencegah penyebaran COVID-19, penguatan koordinasi dan sinkronisasi secara berkelanjutan antara gugus tugas provinsi dan kabupaten atau kota dalam mempercepat penanganan virus corona di daerah itu.

Dalam rapat tersebut hadir, antara lain Karo Ops Polda Sulut, As Ops Kodam XIII/Merdeka, Karo Pemerintahan dan Otda Jemmy Kumendong, Jubir Satgas COVID-19 Sulut Steven Dandel, dan para pejabat lainnya.

Baca juga: Pemkot Denpasar sinergi bangun 34 wastafel antisipasi COVID-19
Baca juga: Komandan Kodim 1615 tegaskan perlu sinergi semua pihak cegah COVID-19
Baca juga: KSP: Sinergi antar-kepala daerah kebutuhan mendesak tangani COVID-19
Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020