Depok (ANTARA) - Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, Universitas Indonesia (UI) menetapkan proses verifikasi penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara online.

"Mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2020 diwajibkan mengunggah kartu tanda peserta SNMPTN tahun akademik 2020/2021 dan memindai (scan) rapor asli semester 1-5 di laman www.penerimaan.ui.ac.id mulai 13-19 April 2020," kata Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Dr. Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Ia menjelaskan dokumen yang diunggah harus dalam bentuk pdf. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada jadwal yang telah ditentukan tidak mengunggah dokumen. Lebih lanjut, peserta yang lolos verifikasi rapor akan diumumkan di laman penerimaan.ui.ac.id pada tanggal 23 April 2020.

Baca juga: UI terima 1.106 mahasiswa baru melalui SNMPTN 2020

Baca juga: UI terima 1.656 mahasiswa baru melalui SNMPTN 2019


Usai tahapan verifikasi rapor tersebut, maka calon mahasiswa dapat lanjut ke tahap berikutnya, yaitu Tahap Konfirmasi Pilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran, Tahap Pembayaran Biaya Akademik,

Selanjutnya Tahap Pengisian Data dan Pemilihan Jadwal Pemeriksaan Kesehatan melalui laman https://pra-registrasi.ui.ac.id ; hingga Tahap akhir berupa Registrasi Akademik pada tanggal 4 -8 Mei 2020. Penjelasan menyeluruh dan detail terkait tahap-tahap tersebut di atas dapat dilihat pada laman penerimaan.ui.ac.id maupun sosial media UI.

Universitas Indonesia (UI) menerima 1.106 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2020 sebanyak 17.356 peserta.

sejumlah program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2020 adalah Pendidikan Dokter, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer pada jurusan IPA, sedangkan pada jurusan IPS yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.*

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020