Kondisi kesehatan dua pasien positif COVID-19 di NTB terus membaik

Kondisi kesehatan dua pasien positif COVID-19 di NTB terus membaik

Kabid Pelayanan RSUD Provinsi NTB dr. Nyoman Wijaya. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Kondisi kesehatan dua orang pasien positif virus Corona jenis baru atau COVID-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat terus membaik.

"Tapi untuk menyatakan mereka sudah sembuh, tim medis harus menunggu hasil pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan RI," kata Kabid Pelayanan RSUD Provinsi NTB dr. Nyoman Wijaya di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, hasil positif untuk pasien 01 tanggal 24 Maret 2020 dan pasien 02 tanggal 25 Maret 2020 masih harus menunggu dua kali pemeriksaan lagi untuk memastikan dua pasien yang merupakan sepasang suami istri tersebut negatif Corona atau sembuh.

"Hari ini kondisi kedua pasien stabil. Tekanan darah normal berkisar 100 - 110/70, suhu normal berkisar antara 36 - 36,5 derajat," ujarnya.

Nyoman menjelaskan, kedua pasien sudah bisa makan minum seperti biasa karena kondisinya memang terus membaik. Namun mereka diperbolehkan pulang setelah hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut. Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat di RSUD NTB saat ini sebanyak 12 orang.

Seperti diketahui, kasus pertama positif virus Corona di NTB dipublikasikan pada tanggal 24 Maret lalu. Pasien perempuan berusia 50 tahun yang kemudian dikenal dengan pasien 01 tersebut kemungkinan besar terjangkit di luar daerah. Sebab, pasien pernah melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menghadiri berbagai kegiatan dan pulang ke NTB.
Baca juga: Warga berstatus ODP COVID-19 di NTB diminta patuhi anjuran pemerintah
Baca juga: Empat PDP di NTB meninggal dunia
Baca juga: Golkar instruksikan kader NTB realokasi APBD penanganan COVID-19
Baca juga: PDP Mataram meninggal miliki riwayat perjalanan dari Jakarta
Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020