Mini market diimbau membatasi konsumen yang ingin membeli jangan sampai memborong
Belitung,Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengeluarkan imbauan pembatasan pembelian bahan pokok guna terjaminnya pendistribusian barang kebutuhan pokok itu bagi masyarakat di daerah tersebut.

"Mini market diimbau membatasi konsumen yang ingin membeli jangan sampai memborong," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, hal ini dilakukan guna menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Belitung Nomor: 500/288/IV/2020 tentang bijak dalam pembelian bahan kebutuhan pokok dan Surat Edaran Bupati Belitung Nomor: 500/289/IV/2020 tentang pelaksanaan pengiriman dan penjualan bahan pokok ke luar Belitung.

Selain itu, kebijakan ini juga dikeluarkan guna mendukung program penanganan dan pencegahan penularan virus corona atau COVID-19 di daerah itu agar distribusi bahan pokok tetap terjamin bagi masyarakat setempat.

"Kalau stok kita saat ini cukup dan aman jadi masyarakat tidak perlu panik hanya gula pasir yang berkurang karena memang pasokannya dari nasional," ujarnya.

Adnizar menjelaskan, imbauan pembatasan tersebut berlaku bagi pembelian keperluan pribadi untuk beras maksimal 10 kilogram, gula pasir maksimal dua kilogram, minyak goreng maksimal empat liter dan mie instan maksimal dua dus.

"Selain itu kami harapkan masyarakat jangan sampai ada yang menimbun bahan kebutuhan pokok," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani mengatakan surat imbauan tersebut sudah disampaikan kepada sebanyak 19 pusat perbelanjaan di daerah itu.

"Masyarakat diminta untuk tidak khawatir kehabisan stok asalkan perilaku berbelanja masyarakat jangan memborong kami juga meminta pedagang di pasar memberi pengertian kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Belitung tutup sementara enam objek wisata

Baca juga: Pemkab Belitung hentikan sementara promosi pariwisata ke China

Baca juga: Pemkab Belitung akan liburkan sekolah cegah penularan COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020