Setiap hari pukul 10.00 WIB di puskesmas, petugas kesehatan memberikan penyuluhan tentang corona untuk pasien dan pengunjung. Sudah dua hari ini kami laksanakan
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi dan koordinasi pencegahan serta pengendalian infeksi virus corona di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Masagus Hakim di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan kegiatan itu sebagai tindak lanjut atas surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penyebaran infeksi virus corona.

"Tadi juga kami mendapat instruksi dari Gubernur Babel untuk mengadakan gotong royong. Kegiatan ini salah satu turunan dari perintah tersebut, kita harap para OPD dan forkopimda mengerti tentang virus corona," ujarnya.

Saat ini, kata dia, dengan adanya isu virus corona telah terjadi keresahan di masyarakat, bahkan sampai ada yang melakukan aksi borong masker di beberapa apotek di Pangkalpinang.

"Padahal kita tahu bahwa penyakit corona untuk saat ini tidak menjadi terlalu bahaya, dari jumlah kematian dan penderita itu sampai sekarang persentasenya lebih kecil," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Babel gencarkan sosialisasi COVID-19 ke warga desa

Untuk kegiatan pencegahan, pihaknya terus memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang virus corona kepada masyarakat.

"Setiap hari pukul 10.00 WIB di puskesmas, petugas kesehatan memberikan penyuluhan tentang corona untuk pasien dan pengunjung. Sudah dua hari ini kami laksanakan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah menyebarkan poster-poster mengenai apa itu virus corona dan cara pencegahannya.

"Kami minta masyarakat untuk menggalakkan pola hidup bersih dan sehat, besok Jumat (13/3) kita akan melaksanakan pencanangan Germas untuk lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Baca juga: Pemkot Batam sosialisasi COVID-19 pada warga Pulau Galang
Baca juga: Anggota DPR dorong pemerintah lakukan sosialisasi terkait virus corona

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020