Jakarta (ANTARA) - Seorang wanita bernama Rohayani yang berkunjung ke Planetrium Taman Ismail Marzuki (TIM) tiba-tiba melahirkan ketika mendampingi anaknya dalam kegiatan kunjungan sekolah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukkan dan Publikasi Planetarium Jakarta Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) TIM Eko Wahyu saat ditemui di kantornya, Kamis.

"Awalnya kalau kita lihat pukul 10.15 WIB pengujung kita yang berjalan di dekat lobi kantor teriak-teriak, akhirnya petugas kita mendatangi pengunjung itu, dan ternyata pengujung itu akan melahirkan," kata Eko.

Eko bercerita, Rohayani tiba-tiba duduk di lantai saat kontraksi di perutnya mulai terasa.

Melihat kondisi itu, Eko dan petugas Planetarium langsung sigap menelpon Puskesmas dan mencari pertolongan pertama bagi Rohayani.

Baca juga: Kanitlantas Polsek Taman Sari bantu ibu hamil akan melahirkan di tol
Baca juga: Petugas Ditlantas Polda Metro bantu ibu hendak melahirkan


Proses persalinan berlangsung cepat, tidak butuh waktu lama bagi bayi untuk keluar dari perut ibunya. Dibantu oleh teman dari rombongannya, dia melahirkan di depan lobi Planetarium.

Pertolongan dari Puskesmas terdekat, tiba usai pihak Planetarium menelpon dan menceritakan keadaan darurat itu.

"Itu plasenta kan tidak bisa di keluarkan makanya langkah kami langsung menghubungi petugas Puskesmas Menteng, baru setelah mereka tiba plasenta baru dapat di keluarkan," kata Eko.

Saat ini Rohayani beserta anak yang baru dilahirkannya berada di Puskesmas Menteng untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020