STKIP Tamsis Bima berkolaborasi dengan tiga PTN ternama

STKIP Tamsis Bima berkolaborasi dengan tiga PTN ternama

Kampus STKIP Tamsis Bima, di Kabupaten Bima, NTB. (Foto ist.)

Mataram (ANTARA) - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) Bima, Nusa Tenggara Barat, berkolaborasi melakukan penelitian bersama tiga perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STKIP Taman Siswa Bima, Anisah MPd, di Mataram, Rabu menyebutkan tiga PTN yang bersedia menjalin kemitraan adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan Universitas Mataram (Unram).

"Kerja sama antara pakar penelitian dan guru besar Tamsis dengan kampus-kampus ternama tersebut merupakan tindak lanjut dari hibah penelitian kerja sama antar perguruan tinggi yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sert BRIN selama dua tahun dengan dana hampir mencapai Rp1 miliar," katanya.

Ia menjelaskan kerja sama dengan para peneliti dari tiga PTN tersebut bertujuan untuk memberikan wadah bagi dosen atau kelompok peneliti STKIP Tamsis Bima dalam meningkatkan kemampuan meneliti.

Baca juga: Kalahkan UI dan ITB, Unand peringkat 4 untuk kinerja penelitian

Baca juga: BKKBN gandeng perguruan tinggi kembangkan penelitian kependudukan-KB

Baca juga: BKKBN ajak perguruan tinggi lakukan penelitian program KB


Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan sarana dan keahlian serta mengadopsi budaya penelitian yang baik dari perguruan tinggi mitra.

"Dari kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas dosen, khususnya bidang penelitian dan meningkatkan publikasi internasional. Dari penelitian tersebut dosen-dosen dapat belajar bagaimana mengembangkan penelitian dan meningkatkan publikasi di jurnal bereputasi internasional," kata Anisah.

Manfaat lain yang diharapkan dari kemitraan tersebut, dapat meningkatkan pusat-pusat penelitian maupun kelompok-kelompok peneliti unggulan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Para peneliti dari Universitas Negeri Malang yang akan terlibat dalam kerja sama penelitian adalah Prof Toto Nusantara, dan Dr Subanji.

Sementara peneliti dari UPI Bandung sebanyak empat orang, yakni Dr Ida Kaniawati, Dr Wenny Liliawati, Dr Judhistira Aria Utama, dan Irma Rahma Suwarma, P.hD.

Dua orang pakar penelitian dari Unram juga turut mendampingi peneliti-peneliti STKIP Tamsis Bima, yaitu Dr Amrullah, dan Dr Sudi Prayitno.

Adapun dosen-dosen STKIP Tamsis Bima yang akan terlibat dalam kolaborasi penelitian adalah Anisah, M.Pd, Sri Lastuti, M.Pd, Mariamah, M.Pd, Muslim, M.Pd, Fitria Sarnita, M.Pd, Ainun Fitriani, M.Pd, Asriyadin, M.Pd, dan Syahriani Yulianci, M.Pd.

Para pakar penelitian dan profesor dari tiga PTN mitra akan mendampingi dan melakukan penelitian secara bersama-sama demi meningkatkan publikasi dan penelitian di Indonesia.

"Secara umum tema yang diangkat dalam kolaborasi penelitian adalah menciptakan, mengembangkan dan menghasilkan model serta perangkat pembelajaran di bidang sains dan matematika untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Baik di tingkat menengah, tingkat atas maupun tingkat perguruan tinggi," kata Anisah.*

Baca juga: Dirjen: Hasil penelitian perguruan tinggi harus mengarah pada outcome

Baca juga: 817 riset di 113 perguruan tinggi swasta dapat dana hibah pemerintah
Pewarta : Awaludin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020