Ketika melakukan bisnis, saya meminta Anda untuk mengadopsi pola pikir yang hati-hati
Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mendesak para gubernur negara bagian dan teritori AS pada Sabtu (8/2/2020) untuk mengadopsi "pola pikir berhati-hati" ketika terlibat dalam bisnis dengan China dan mengatakan bahwa Beijing berusaha menggunakan keterbukaan AS untuk melemahkan Amerika Serikat.

Dalam pidatonya kepada Asosiasi Gubernur Nasional di Washington, Pompeo mengatakan China sedang mengejar kebijakan mengeksploitasi kebebasan AS untuk "mendapatkan keuntungan atas kita di tingkat federal, tingkat negara bagian dan tingkat lokal."

"Ketika melakukan bisnis, saya meminta Anda untuk mengadopsi pola pikir yang hati-hati. Dalam kata-kata Presiden Reagan, ketika Anda didekati untuk perkenalan atau koneksi ke suatu kesepakatan, ‘percayalah tapi verifikasi,’” dia memberi tahu para gubernur yang mewakili 55 negara bagian dan teritori AS.

Baca juga: Menteri AS anggap wabah corona bisa positif bagi ekonomi Amerika

Pompeo, dalam peringatan terakhirnya tentang apa yang dia lihat sebagai niat Beijing, menekankan bahwa persaingan dengan China bukan hanya masalah federal.

"Itu terjadi di negara bagian Anda, dengan konsekuensi bagi kebijakan luar negeri kita dan bagi warga negara yang tinggal di negara bagian Anda ... dan memengaruhi kapasitas kami untuk melakukan fungsi-fungsi keamanan nasional vital Amerika," katanya, dikutip dari Reuters.

Pompeo mengatakan pendekatan China terorganisir dan metodis, menambahkan, "Saya akan terkejut jika sebagian besar dari Anda yang hadir belum dilobi oleh Partai Komunis China secara langsung."

Beijing mengecam komentar Pompeo yang menargetkan Partai Komunis yang berkuasa sebagai serangan setan dan mengatakan segala upaya untuk mencoreng China atau menghambat pertumbuhannya pasti akan gagal.

Pompeo pada Sabtu (8/2/2020) mengatakan organisasi pertemanan Partai Komunis China telah dibentuk untuk memperluas pengaruh China di “Richmond; Minneapolis; Portland; Jupiter, Florida; dan banyak kota lainnya. ”Diplomat-diplomat China, lanjutnya, telah berusaha untuk mempengaruhi para pejabat terpilih setempat mengenai masalah-masalah seperti Taiwan, yang Beijing anggap sebagai provinsi yang membangkang.

Dia juga merujuk pada upaya China untuk merekrut ilmuwan dan profesor di universitas-universitas di seluruh negeri untuk memperoleh pengetahuan teknologi.

Dia berbicara setelah penuntut AS bulan lalu mendakwa Charles Lieber, ketua Departemen Kimia dan Biologi Kimia Universitas Harvard, karena berbohong tentang berpartisipasi dalam Thousand Talents Plan China, yang bertujuan untuk menarik spesialis penelitian yang bekerja di luar negeri.

Bahkan ketika dua ekonomi terbesar di dunia telah mengambil langkah-langkah untuk mendinginkan perang perdagangan yang pahit, mereka tetap berjauhan di banyak bidang dan Pompeo telah menjadi kritikus yang sangat vokal terhadap masalah-masalah mulai dari hak asasi manusia hingga dorongannya untuk mendominasi dalam teknologi telekomunikasi generasi mendatang.

Baca juga: Amerika Serikat dan China tanda tangani perjanjian perdagangan fase 1
Baca juga: Trump: AS, China segera mulai perundingan dagang Tahap Kedua

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020