Petugas kesehatan awasi ketat kedatangan pesawat luar negeri

Petugas kesehatan awasi ketat kedatangan pesawat luar negeri

Penumpang asal Singapura melewati alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Kamis (23/1/2020). ANTARA/Dolly Rosana/am.

Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang pesawat udara di terminal kedatangan luar negeri Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk mencegah masuknya wabah virus corona.

Untuk melakukan pengawasan kondisi kesehatan penumpang pesawat yang datang dari luar negeri, diturunkan sejumlah petugas di terminal kedatangan dengan dilengkapi peralatan pendeteksi suhu tubuh (thermoscan), kata Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Palembang, Merry di Palembang, Sabtu.

Baca juga: Australia pastikan kasus pertama virus corona China

Setiap penumpang pesawat yang masuk ke terminal kedatangan dideteksi suhu tubuhnya, jika diketahui kondisinya kurang sehat dengan suhu tubuh yang tinggi dilakukan pengecekan kesehatannya untuk mengetahui penyebabnya apakah faktor kelelahan melakukan perjalanan jauh atau terinfeksi virus corona.

Baca juga: Stok logistik bagi WNI yang tertahan di Wuhan mencukupi

Jika diperiksa oleh tim medis kondisinya mengalami ganggguan kesehatan biasa, diizinkan untuk pulang ke rumah atau menuju tempat aktivitas yang direncanakan, namun jika terdeteksi terinfeksi virus corona akan diberikan tindakan pengobatan dan dikarantina agar tidak menularkan kepada orang lain, katanya.

Baca juga: Korban meninggal di China akibat virus corona bertambah jadi 41

Dia menjelaskan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang menyiagakan petugas yang dilengkapi dengan alat thermoscan di terminal kedatangan internasional Bandara SMB II sejak Kamis (23/1).

Sesuai instruksi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto seluruh satuan kesehatan yang ada di bandara internasional dan pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan setiap orang yang datang dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh sebagai tindakan pencegahan masuknya dan penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Petugas yang melakukan pengawasan kedatangan penumpang pesawat udara dan kapal laut dari luar negeri beberapa hari ini belum menemukan satupun orang yang dicurigai terjangkit virus corona.

Melalui upaya pencegahan itu diharapkan Kota Palembang dan wilayah Sumsel lainnya terbebas dari masuknya virus yang akhir-akhir ini menjadi perhatian semua negara di dunia termasuk Indonesia, ujarnya.
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 1970