Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengucapkan salam pada perayaan malam Imlek 2571 tahun 2020, saat melakukan pengecekan pengamanan di Wihara Setia Budi Jalan Irian Barat Medan.

Pemantauan di Kota Medan, Jumat malam sekira pukul 22.00 WIB, ucapan salam yang disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan cara mengepal kedua tangan, dan merapatkan di bagian dada.

Penyampaian salam Imlek itu, juga dilakukan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuan Sormin.

Selain itu, para rombongan Forkopimda Provinsi Sumut juga menghidupkan lilin ukuran besar saat berada di Wihara Seta Budi Medan,

Bahkan, rombongan Forkopimda Provinsi Sumut juga mengadakan foto bersama dengan Bhiksu dan warga yang berada di Wihara Setia Budi Medan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan pengecekan pengamanan sejumlah Wihara di Kota Medan, dalam rangka perayaan Imlek 2571 Tahun 2020, Sabtu (25/1).

Vihara yang dikunjungi itu, yakni Wihara Borobudur Jalan Imam Bonjol, Wihara Setia Budi Jalan Irian Barat, dan Maha Wihara Maitreya di Perumahan Cemara Asri.

Vihara yang pertama dikunjungi Forkopimda Provinsi Sumut adalah Wihara Borobudur, kedua Wihara Setia Budi, dan ketiga Maha Wihara Maitreya Cemara Asri.

Dalam pengecekan di Vihara Setia Budi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga didampingi Ketua DPD Walubi Sumut dr Indra Wahidin, beserta sejumlah Bhiksu.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2.473 personel dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2571 tahun 2020

"Nantinya, para personel akan melakukan pengamanan dan pengawasan di wihara-wihara selama prosesi ibadah," Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Jumat.

Ia menegaskan kepada seluruh Polres dan jajarannya untuk tanggap dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas guna memberikan rasa aman kepada umat Budha yang melaksanakan perayaan Imlek.

"Lakukan pendataan wihara dan tempat-tempat yang akan dijadikan Perayaan Imlek. Kemudian melakukan pengamanan baik berpakaian dinas maupun pakaian bebas," ujarnya.

Ia berharap, perayaan Imlek di Sumatera Utara dapat berjalan lancar, aman, dan tanpa gangguan.

"Semoga dengan pengamanan ekstra ketat ini, perayaan Imlek di Sumut berjalan aman tanpa gangguan," ujarnya.

Baca juga: Kapolda Sumut mengecek pengamanan vihara di Medan

Baca juga: Anies Baswedan sapa umat di Wihara Dharma Bhakti

Baca juga: Jelang Imlek, Surya Paloh kunjungi klenteng di Makasar

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020