Jakarta (ANTARA) - Kepolisian daerah (Polda) Metro Jaya memberikan skala prioritas pengamanan untuk 316 gereja pada Operasi Lilin Jaya 2019.

"Skala itu untuk gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya hingga ke wilayah Depok, Tanggerang dan Bekasi di Jawa Barat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus di Jakarta, Selasa.

Skala prioritas itu berdasarkan klasifikasi gereja besar, gereja katedral, gereja yang berdekatan dengan rumah ibadah lain hingga gereja yang berada di wilayah yang dominan agama tertentu.

"Totalnya yang diamankan sebanyak 1.558 gereja, " ujar Yusri.

Baca juga: Anjing pelacak sisir gereja di Jakarta Barat

Khusus pengamanan gereja, Polda Metro Jaya mengedepankan pengaman internal yang dilakukan adalah panitia gereja tersebut. Sementara pihak Kepolisian, TNI beserta unsur pengamanan lainnya sifatnya mendampingi dan menguatkan saja.

Yusri mencontohkan pemeriksaan barang bawaan jamaat saat masuk ke dalam gereja dilakukan oleh panitia gereja tersebut. Selain itu, salah satu ormas, yakni Banser NU turut memberikan bantuan pengaman sebanyak 700 personel selama Operasi Lilin Jaya 2019.

"Semua pengaturan penempatan dan koordinasi dari pihak Kepolisian," kata Yusri.

Selama Operasi Lilin Jaya 2019, Polda Metro Jaya menurunkan sebanyak 8.189 personel yang fokus pada empat sasaran pengamanan untuk Natal 2019 dan tahun baru 2020.
Baca juga: Dicurhati soal banjir Kristoforus, Anies janjikan perizinan renovasi

Pewarta: Fauzi/Laily Rahmawati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019