Rektor: Unimed terima 7.000 mahasiswa baru tahun 2020

Rektor: Unimed terima 7.000 mahasiswa baru tahun 2020

Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom SKM,MKes menyampaikan sosialisasi penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. ANTARA/HO-Aspri

Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom SKM,MKes mengatakan pihaknya akan menerima 7.000 calon mahasiswa baru tahun ajaran 2020.

"Dari jumlah 7.000 mahasiswa baru itu, dengan perincian yakni 1.400 orang dari jalur SNMPTN, 3.500 orang dari jalur SBMPTN, dan 2.100 orang jalur Mandiri," ujar Syamsul, pada acara sosialisasi penerimaan mahasiswa baru bagi Kepala Sekolah, Operator Sekolah, Guru BK, perwakilan pelajar SMA,SMK, dan MA, di Gedung Serbaguna Unimed, Kamis.

Ia menjelaskan, bahwa Universitas Negeri Medan (Unimed) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama yang memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT.  Saat ini Unimed memiliki 7 fakultas dan 74 program studi (Prodi).

"Unimed juga membuka prodi yang hanya ada di tiga universitas di Indonesia, yakni Prodi Bisnis Digital," ujarnya.

Syamsul menyebutkan, prodi ini dibuka untuk mengikuti perkembangan zaman yang semuanya telah dilakukan menggunakan sistem digital.

"Prodi ini kami buka sebagai bukti kredibilitas Unimed untuk mewujudkan program yang dicanangkan pemerintah yaitu make Indonesia 4.0," katanya.

Baca juga: Masyarakat diminta waspadai calo penerimaan mahasiswa baru
Baca juga: Ini yang berbeda dari penerimaan mahasiswa baru 2020


Rektor mengatakan, beberapa prodi favorit yang dipilih pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.Prodi tersebut adalah Manajemen, Akuntansi, Bahasa Inggris, Biologi, Matematika, Ilmu Komputer dan Olahraga.

Prodi-prodi ini peminatnya mencapai ribuan orang, namun koutanya hanya 50 hingga 100 orang.Bahkan untuk Prodi PGSD yang mendaftar 5.000 orang, sedangkan yang diterima hanya sekitar 100 orang.

"Kami berharap dengan acara sosialisasi ini akan mendapatkan informasi yang valid dan mengikuti proses yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," katanya.

Baca juga: Menristekdikti luncurkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi
Baca juga: Tak ada perjokian dalam seleksi penerimaan mahasiswa mandiri
Baca juga: Rektor Unimed bersyukur menerima penghargaan anugerah KIP
Baca juga: Unimed peringkat 109 repositori dunia
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019