Jakarta (ANTARA) - Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan untuk aktivis Surya Anta dan kelima temannya akan dilangsungkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis.

Berdasarkan pantauan Antara, hingga pukul 14.49 WIB sidang yang dijadwalkan mulai pada pukul 10.00 WIB itu belum juga digelar dan mendapatkan pengamanan yang ketat dari pihak kepolisian.

Hal ini terlihat dari saat pengunjung akan memasuki ruang sidang, ada dua orang polisi yang melakukan pengecekan terhadap barang bawaan.

Baca juga: Sore ini gugatan praperadilan aktivis Papua diputuskan

Pemeriksaan ini biasanya tidak dilakukan oleh petugas pada saat sidang-sidang biasanya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Selain itu ada juga sekitar 10 orang polisi yang berjaga di bagian belakang ruang sidang Kusuma Admaja 4.
Beberapa kawan aktivis Surya Anta yang melakukan aksi damai di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (19/12/2019). (ANTARA/ Livia Kristianti)


Para pengunjung yang hadir di ruang sidang merupakan kawan- kawan dari keenam aktivis itu yang sebelumnya melakukan aksi damai di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat guna meminta kawan- kawannya itu dibebaskan tanpa syarat.

Baca juga: Kuasa hukum Surya Anta dkk akan melaporkan hakim praperadilan ke KY

Surya Anta dan kelima temannya ditangkap polisi karena pengibaran bendera Bintang Kejora saat unjuk rasa di depan Istana Negara Jakarta pada 28 Agustus 2019.

Keenamnya ditangkap secara terpisah pada 30 dan 31 Agustus 2019 atas tuduhan makar pada aksi 28 Agustus.

Mereka hingga kini ditahan di Rutan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019