Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 16/12) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, mulai dari harapan Presiden Jokowi kepada Ketua DPR, Puan Maharani, untuk dapat menyelesaikan omnibus law cipta lapangan kerja maupun perpajakan dengan cepat hingga pelantikan dua istri Wakil Bupati Blitar menjadi Kepala Desa.

Berikut lima berita politik terpopuler kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

1. Jokowi harap ketua DPR percepat omnibus law
​​​​​​​
Presiden Joko Widodo berharap kepada Ketua DPR, Puan Maharani, untuk dapat menyelesaikan omnibus law cipta lapangan kerja maupun perpajakan dengan cepat.

"Bu Puan, ini 82 undang-undang, mohon segera diselesaikan. Saya bisik-bisik kalau bisa bu, jangan sampai lebih dari tiga bulan karena perubahan-perubahan dunia cepat banget," kata dia, dalam sambutan pembukaan di acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya


​​​​​​​2. Suharso: Pemerintah bahas purwarupa ibu kota baru

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah tengah membahas purwarupa ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Jadi, purwarupa (rupa awal, red.) kota itu kita lagi bicarakan tetapi dalam timeline yang dibuat mudah-mudahan pada tahun 2021 kita sudah bisa groundbreaking," kata Suharso dalam jumpa pers di Kantor Presiden RI, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya


3. Jadi Ketua Wantimpres, Wiranto: Saya paham obsesi kenegaraan Jokowi

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden 2019-2024 Wiranto menyatakan telah mengetahui obsesi kenegaraan Presiden Joko Widodo, sehingga akan membantunya dalam menjalankan tugas baru memberikan pertimbangan kepada Presiden.

"Selama saya bertugas 3,5 tahun sebagai Menkopolhukam, selalu mendampingi beliau (Presiden), paling tidak saya paham bagaimana obsesi kenegaraan beliau tentang Indonesia," kata Wiranto sesuai menjalani proses serah terima jabatan Wantimpres 2015-2019 kepada Wantimpres 2019-2024, di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya


4. ​​​​​​​Prabowo dan Menhan China bicarakan peningkatan kerja sama

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Nasional China Jenderal Wei Fenghe membicarakan peningkatan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan kedua negara.

Di bawah dinginnya suhu udara Beijing yang diguyur hujan salju sejak Senin pagi itu, kedua Menhan tampak bersikap hangat dan bersahabat.

"Suasananya cair antardua rekan sejawat ini dalam membahas berbagai isu terkait pertahanan negara, kerja sama kedua angkatan bersenjata Indonesia dan Tiongkok, serta masalah stabilitas dan keamanan di kawasan," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun yang turut serta dalam pertemuan di kawasan Deshengmen itu.

Baca selengkapnya


5. Dua istri Wakil Bupati Blitar dilantik menjadi kepala desa

Dua istri Wakil Bupati Blitar, Jawa Timur, Marhaenis Urip Widodo, yakni Halla Unariyanti (48) dan Fendriana Anitasari (33) dilantik menjadi kepala desa oleh Bupati Blitar Rijanto setelah keduanya berhasil mengalahkan lawan dalam pemilihan kepala desa.

Fendriana Anitasari mengaku bersyukur proses pelantikan telah berjalan dengan lancar dan setelah pelatihan tersebut, dirinya segera menjalankan program yang telah dibuat.

"Selanjutnya yang jelas akan melanjutkan visi misi dari periode lalu karena dari RPJ desa ada empat yang belum terlaksana yang kaitannya dengan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat," katanya saat dihubungi, Senin.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019