TNI-Polri tanam ratusan bibit pohon bakau di Waropen

TNI-Polri tanam ratusan bibit pohon bakau di Waropen

Pelajar, warga, dan personel TNI dari Kodim 1709/Yawa dan Polsek Warba menanam ratusan bibit pohon bakau di pesisir Pantai Apainabo, Distrik Urei Faisei, Kabupaten Waropen, Papua, Jumat pagi. (ANTARA /HO-Kodim 1709/Yawa)

Jayapura (ANTARA) - Kodim 1709/Yawa dan Polsek Warbah serta warga melakukan penanaman sebanyak 200 bibit pohon bakau yang dilakukan di Pantai Apainabo, Distrik Urei Faisei, Kabupaten Waropen, Papua, Jumat (15/11).

"Peduli terhadap kelestarian kawasan pesisir itu merupakan bagian dari Program Pembinaan Teritorial atau Binter Terpadu TA 2019 di wilayah Kabupaten Waropen, kami menginisiasi penanaman bibit bakau," kata Danramil 1709-03/Warbah Mayor Inf AH Widagdo ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Jumat (15/11) malam.

Baca juga: Pecinta lingkungan tanam 20 ribu bibit bakau di Aceh Timur

Menurut dia, hutan bakau memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar khususnya bagi masyarakat pesisir. Beberapa manfaat hutan bakau di antaranya mencegah instrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai.

"Bisa juga sebagai pencegah dan penyaring alami, berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir, serta sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa," katanya.

Baca juga: Mukomuko tanam 2.000 mangrove di pantai kritis

Namun, hutan bakau kini tak luput dari permasalahan lingkungan, ekosistem hutan bakau terancam punah sehingga mempercepat proses abrasi pantai hingga menyebabkan garis pantai akan lebih cepat bergeser ke arah daratan.

"Saya berharap dengan menanami bibit bakau hari ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan tersebut. Saya juga berharap adanya kesadaran dari seluruh masyarakat untuk merawat serta menjaga ekosistem pohon bakau demi melestarikan kawasan pesisir pantai," kata Widagdo.

Baca juga: Sinergi Pelindo III-TNI tanam ratusan ribu bibit bakau

Mama Yoselina, salah seorang warga, yang hadir bersama anak-anaknya dalam kegiatan penanaman bibit pohon bakau mengatakan meskipun dirinya harus menginjak lumpur dan pasir yang berkubang air, namun itu tak menjadi penghalang baginya.

"Meskipun kaki saya ini kotor dan basah, saya dan anak-anak tetap turun ke pantai menanam bibit bakau, karena dengan menjaga kelestarian pantai ini, sama saja dengan menjaga kekayaan alam yang ada di kampung ini," katanya.

Baca juga: Di Pantai Sulamanda-NTT, warga desa menanam ribuan pohon bakau

Kegiatan penanaman pohon bakau itu juga dihadiri dan dilakukan oleh Kapolsek Warbah Aiptu La Rasmin, Pasiter Kodim 1709/Yawa Lettu Inf Masngudi, Bamuskam Darius Ruwartakurei, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh adat, Tokoh Kampung dan para pelajar dari SMAN Urfas.
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019