Penambang-penambang tergelincir sementara penambang bijih besi murni Fortescue Metals (FMG) turun paling banyak. Harga bijih besi merosot lima persen hanya dalam dua sesi.
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Selasa, dengan kerugian besar di sektor perawatan kesehatan dan keuangan, mengimbangi kenaikan di sektor teknologi.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 19,50 poin atau 0,29 persen menjadi 6.753,00 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 20 poin atau 0,29 persen pada 6.857,00 poin.

Saham-saham perawatan kesehatan menyebabkan kerugian di pasar lokal setelah memimpin kenaikan sehari sebelumnya, sementara keuangan dan material juga membebani pasar.

"Penambang-penambang tergelincir sementara penambang bijih besi murni Fortescue Metals (FMG) turun paling banyak. Harga bijih besi merosot lima persen hanya dalam dua sesi," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian.

Baca juga: Kebakaran-hutan baru berkobar di Australia

Sementara itu, saham-saham kebutuhan pokok konsumen dan teknologi melawan tren menjadi berakhir lebih tinggi.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,97 persen, National Australia Bank naik 0,73 persen, Westpac Bank turun 3,49 persen dan ANZ turun 0,94 persen.

Saham-saham pertambangan juga bervariasi dengan BHP turun 0,22 persen, Rio Tinto naik 0,41 persen, Fortescue Metal turun 1,88 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,36 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search tidak berubah, Santos naik 0,62 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,03 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 0,58 persen dan Woolworths naik 0,16 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas terangkat 1,61 persen dan perusahaan biomedis CSL melemah 1,50 persen.
Baca juga: Pasar saham Australia berakhir di level tertinggi tiga bulan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019