Pemkab Bangka gencar kembangkan pariwisata

Pemkab Bangka gencar kembangkan pariwisata

Bupati Bangka, Mulkan. ANTARA/Kasmono

Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepuluan Bangka Belitung, gencar mengembangkan sektor kepariwisataan di daerah guna mendukung perekonomian nasional dan mensejahterakan masyarakat setempat.

"Kami terus mengembangkan pembangunan pariwisata karena sektor ini memberikan peluang strategis yang memberikan dampak positif dalam dukungan perekonomian nasional maupun peningkatan ekonomi daerah secara berkelanjutan," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Upaya optimalisasi pengembangan pada sektor itu hingga sampai tingkat bawah, kata bupati, dan pihaknya mendorong pemerintah desa untuk mengembangkan potensi wisata desa dengan melibatkan masyarakat.

"Terlibatnya masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan yang tergabung dalam sebuah kelompok sadar wisata akan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan pariwisata daerah," jelasnya.

Baca juga: Kunjungan wisata Bangka Belitung turun akibat kenaikan tiket pesawat

Pengembangan budaya lokal dengan dikemas berbagai ragam kegiatan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari komponen kepariwisataan sehingga perpaduan tersebut mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Menurutnya, terkait pembangunan sektor pariwisata pihaknya terus berupa mewujudkan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di lintas Timur Sungailiat dengan ketersediaan lahan lebih dari 300 hektar.

"Peran serta seluruh agen pembangunan melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni mampu mewujudkan Kabupaten Bangka sebagai gerbang pariwisata berskala Internasional sesuai dengan misi "Bangka Setara"," jelasnya.

Wilayah Kabupaten Bangka terletak di Pulau Bangka dengan luas kurang lebih 302.879,47 hektare atau 3.028,794 kilometer persegi . Dengan luas daratan tanpa pulau kecil dan Kepulauan Tujuh 3.021 kilometer persegi atau 302.100 hektare.

Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka berbatasan langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu dengan wilayah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Barat.

Baca juga: Ini sembilan objek wisata andalan di Bangka
Baca juga: Bangka Belitung, "surga" di barat Indonesia
Pewarta : Kasmono
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019