Jelajah Kapal Kepahlawanan ini diharapkan dapat melatih kebersamaan, persaudaraan, kesetiakawanan
Bintan Kepulauan Riau (ANTARA) - Sebanyak 500 orang generasi muda dari berbagai unsur mengikuti kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan yang dilaksanakan Kementerian Sosial dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2019 yang digelar di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau.

"Kegiatan ini strategis untuk meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan sosial Kementerian Sosial Arif Nahari di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, Rabu.

Para peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, Pramuka, perwakilan santri, perwakilan panti sosial, organisasi sosial dan pilar sosial seperti Karang Taruna, Tagana, TKSK dan Pekerja Sosial Masyarakat.

Baca juga: 400 pelajar ikuti jelajah Kapal Kepahlawanan

Para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan selama tiga hari mulai 23-25 Oktober 2019 yang dilaksanakan di atas KRI Banda Aceh 593 dan juga bakti sosial di wilayah Pantai Sakera Bintan.

Bakti sosial yang dilakukan antara lain pemberian 1.000 paket sembako, 430 paket perlengkapan sekolah, pengobatan gratis bagi 1.000 orang, pembangunan pos dermaga nelayan di Kampung Hulu Riau.

Selain itu, dalam kegiatan bakti sosial juga dilakukan perbaikan sarana lingkungan berupa drainase di Kampung Melati Dalam Mentigi, pemberian alat bantu kesehatan, buku, kacamata dan lainnya.

"Kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan ini diharapkan dapat melatih kebersamaan, persaudaraan, kesetiakawanan dan kedisiplinan dari para generasi muda yang berasal dari berbagai tempat dan unsur," katanya.

Melalui kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan diharapkan dapat dijadikan suatu sarana untuk mempertebal rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.

Sebagai generasi milenial atau yang tumbuh pada era internet tantangannya sangat luar biasa. Pengaruh kemajuan teknologi informasi harus bisa kita manfaatkan untuk kemaslahatan.

"Kita buktikan bahwa pemuda pemudi Indonesia mampu unggul dan bukan hanya menjadi penonton belaka. Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 kiranya juga dapat dijadikan sebagai suatu momentum untuk menggugah segenap elemen bangsa untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan serta menjadi pahlawan masa kini," tambah dia.

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November, tahun ini mengambil tema Aku Pahlawan Masa Kini.
Baca juga: 650 pelajar mengenal lebih dekat pahlawan
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019