Atasi macet parah, Dishub Kalbar rekayasa lalin Jembatan Kapuas II

Atasi macet parah, Dishub Kalbar rekayasa lalin Jembatan Kapuas II

Kondisi macet parah di Pontianak pada Senin (13/10) malam dampak penutupan Jembatan Kapuas II di Kubu Raya (Yayuk)

Pontianak (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kalimantan Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan perubahan jadwal buka tutup menyusul terjadinya macet parah pada Senin (14/10) di sejumlah titik sebagai dampak penutupan akses Jembatan Kapuas II.

Sebelumnya jadwal buka akses Jembatan Kapuas II selama perbaikan pemasangan bracing atau ikatan angin pukul 00.00-12.00 WIB dan jadwal tutup 12.00-24.00 WIB.

Namun mulai Selasa (14/10) pukul 05.00-10.00 WIB dibuka, 10.00-15.00 WIB ditutup. Kemudian pukul 15.00-22.00 WIB dibuka kembali dan mulai pukul 22.00-05.00 WIB ditutup.

Baca juga: Jembatan Kapuas II ditutup ada pemasangan ikatan angin

"Perubahan jadwal buka dan tutup atau akses kendaraan melalui Jembatan Kapuas II menyikapi kondisi lalu lintas yang macet parah. Kondisi yang ada diberikan solusi dengan rekayasa lalu lintas dan hal itu sebagaimana hasil rapat evaluasi kita semalam," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kalbar, Manto Saidi di Pontianak, Selasa.

Manto menjelaskan jika tidak ada kendala di lapangan bahwa jadwal perbaikan bracing Jembatan Kapuas II selama 20 hari kerja. Pelaksanaan kegiatan sendiri sudah dimulai sejak 13 Oktobor 2019 atau dua hari yang lalu.

"Penutupan akses jembatan tersebut dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas di Wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan sekitarnya," papar dia.

Lanjutnya, selama pekerjaan pemasangan bracing Jembatan Kapuas II dilaksanakan arus lalu lintas kendaraan yang melewati Jembatan Kapuas ll dltutup dan dialihkan ke Jembatan Kapuas I.

Baca juga: Sekda Kalbar minta agar ekosistem gambut dibangun kembali

“Dalam rangka meminimalisir tingkat kemacetan lalu lintas PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak sudah diminta untuk memperpanjang jam operasional di Dermaga Penyeberangan Bardan Siantan selama masa pekerjaan berlangsung,” jelas dia.

Sementara kata dia, khusus untuk angkutan penumpang umum baik bus sedang dan besar, angkutan barang, alat berat dan kontainer diharapkan agar menyesuaikan dengan jadwal operasional Jembatan Kapuas II yang telah ditentukan.

“Untuk kendaraan angkutan umum dan besar ikuti jadwal dibukanya akses jembatan guna menghindari terjadinya kemacetan dan memenuhi daya dukung Jembatan Kapuas l,” jelas dia.

Pada Senin (13/10) sore hingga malam terpantau sejumlah titik atau ruas jalan di Kota Pontianak macet parah dibanding hari biasanya.

Kemacetan terjadi seperti di persimpangan Jalan Tanjungpura, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pahlawan dan arah Jembatan Kapuas I. Kemudian juga terjadi di persimpangan Tanjung Raya yang macet panjang.

Baca juga: Dirjen Pangan RI ajak petani Kalbar terapkan tumpang sisip

Pewarta : Dedi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019