Pemerintah segera bangun pusat pelatihan pemuda di Papua

Pemerintah segera bangun pusat pelatihan pemuda di Papua

Pemuda Wairoc Biak kampung Amoi distrik Warsa membuat alat kesenian Tifa Papua. (ANTARA News Papua/HO/Kadistrik Warsa)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah segera membangun tujuh pusat pelatihan pemuda atau youth center di tujuh lokasi di Papua dan Papua Barat untuk mempercepat sumber daya manusia di wilayah itu.

"Hari ini kami bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara dan menurut rencana pemerintah akan membangun pusat pelatihan pemuda di Papua untuk percepatan pengembangan dan penguatan SDM pemuda Papua," ujar Ketua Papua Muda Inspirasi Billy Mambrasar di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan peletakan batu pertama pusat kepemudaan tersebut akan diselenggarakan pada 28 Oktober atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Billy Mambrasar mengatakan pihaknya ingin menunjukkan bahwa pemuda Papua juga memiliki prestasi yang patut dibanggakan oleh bangsa.

"Kerusuhan yang terjadi di Papua dalam beberapa bulan ini membuat anak-anak muda Papua yang sukses dalam berbagai bidang, seperti yang sudah berhasil menjadi pilot, pegiat seni, aktivis perempuan dan sebagainya, sangat prihatin," kata Billy.

Baca juga: Di Ciloto anak muda Papua itu digembleng

Baca juga: Menpar: Pemuda Papua inisiatif bangun kewirausahaan dan kreatifitas


Usai bertemu dengan Jokowi hari ini, Billy mengaku pihaknya semakin termotivasi dan optimistis bahwa anak muda Papua bisa maju dan mengembangkan diri.

"Kami berharap dengan adanya tujuh tempat pelatihan yang akan dibangun di Papua, ke depannya anak muda Papua dapat makin mengembangkan diri mereka, sehingga anak muda Papua dapat meraih cita-cita mereka dan menjadikan Papua jauh lebih maju dari saat ini," kata dia.*

Baca juga: Papua Terkini - Jokowi makan siang dengan kepala suku dan pemuda Papua

Baca juga: Papua Terkini - Neas, pemuda Suku Dani bangun perpustakaan di Papua
Pewarta : Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019