Kuningan (ANTARA) - Kebakaran yang melanda sebagian kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berhasil dipadamkan pada Selasa dini hari dan petugas saat ini melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada lagi api di kawasan tersebut.

"Kita sudah berhasil memadamkan api di dua titik di ketinggian 800-1200 mdpl," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin.

Dua titik yang dia maksud adalah kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Blok Erpah Desa Cibuntu dan Blok Liang Angin/Cibedug di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kuningan.

"Kemarin sore kita padamkan titik api yang berada di Blok Erpah. Dan pada Selasa (8/10) sekitar jam 02.00 WIB api juga bisa dipadamkan di Liang Angin," kata Agus.

Upaya pemadaman kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai melibatkan aparat Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, BPBD, TNI, Polri, dan pencinta alam.

Luas area yang terbakar di wilayah Kabupaten Kuningan sekitar lima hektare. Meski api sudah padam, asap masih mengepul di area tersebut.

"Memang masih ada kepulan asap dari sisa bara di tunggak pohon yang sudah terbakar," kata Agus.

Baca juga:
Pemadaman kebakaran kawasan Gunung Ciremai terkendala angin kencang
Sudah empat hari kawasan Gunung Ciremai terbakar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019