GoFood klaim kuasai layanan pesan antar di Asia Tenggara

GoFood klaim kuasai layanan pesan antar di Asia Tenggara

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina, dalam temu media di sela Jakarta Culinary Feastival di Jakarta, Jumat (4/10/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina, menyebut layanan pesan antar makanan Gojek bergerak sangat agresif di Vietnam dan Thailand.

"Kita memiliki lebih dari 12 juta menu dari 400.000 merchant di Asia Tenggara. Untuk Thailand dan Vietnam sudah sangat agresif," ujar Rosel dalam temu media di sela Jakarta Culinary Feastival di Jakarta, Jumat.

Data internal GoFood dipasar internasional, layanan pesan antar makanan Go-Viet diklaim telah memimpin pasar food delivery sejak diluncurkan pada November 2018 di Ho Chi Minh City dan Maret 2019 di Hanoi.

Layanan pesan antar makanan Go-Viet telah memiliki lebih dari 70.000 merchat dengan lebih dari 1 juta pilihan menu.

GoFood juga menyebut jumlah pemesanan layanan tersebut di Vietnam naik 25 persen hingga 35 persen per bulan dalam enam bulan terakhir.

Sementara itu, layanan pesan antar makanan Gojek di Thailand, Get Food, saat ini telah berada di posisi kedua di Bangkok dalam lima bulan sejak diluncurkan.

Jumlah pengguna aktif Get Food juga naik 240 persen sejak Q1 2019. Hal ini menyebabkan omzet merchant naik 40 persen.

"Masyarakat Thailand sama kayak Indonesia yang suka makan, terus their local food juga kuat, jadi masyarakatnya suka jajan sama kayak di kita," kata Rosel.

Sementara itu, hasil riset Nielsen Singapura berjudul "Understanding Indonesia's Online Food Delivery Market" mengungkapkan 84 persen konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan terbaik.

Angka tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata industri, yakni 39 persen. Dari data internal Gojek, Rosel juga menyebut GoFood menguasai 75 persen pangsa pasar Indonesia.

"Ekonomi GoFood sendiri ada di Rp18 triliun. Di Gojek yang menjadi champion masih tiga yaitu layanan transport, food dan pay," ujar Rosel.

Baca juga: Pangsa pasar GoFood capai 75 persen di Indonesia

Baca juga: Transportasi daring di Surabaya berkontribusi Rp2,2 triliun per tahun

Baca juga: GO-JEK akan tambah GO-FOOD Festival
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019